Jakarta (Antara Kalbar) - Pemerintahan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dinilai telah berhasil menggulirkan sejumlah program yang membawa dampak signifikan pada kesejahteraan rakyat.

"Contohnya bidang pendidikan dan kesehatan banyak membawa perubahan dalam kehidupan bangsa Indonesia.," kata Ketua Departemen Kesejahteraan Rakyat DPP Partai Demokrat, M. Jafar Hafsah melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, dalam Diskusi Publik bertema "Satu Dasawarsa Catatan untuk Indonesia: Potret dan Kebijakan Kesejahteraan Rakyat di bidang Pendidikan dan Kesehatan" Jafar Hafsah juga mencontohkan, di bidang pendidikan, pada pemerintahan SBY ada sertifikasi guru.

"Pada 2008 baru 15,42 persen dari jumlah guru di Indonesia yang memiliki sertifikasi, pada 2013 melonjak menjadi 95,5 persen yang sudah bersertifikasi," katanya.

Dengan sertifikasi yang dimiliki para guru, kata dia, tingkat kehidupan guru semakin sejahtera.

"Terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang berminat menekuni profesi guru dan banyak yang ingin menjadi guru," katanya.

Tingkat kemiskinan dan pengangguran selama pemerintahan SBY, tambah dia, juga berkurang.

"Jika pada 2004 jumlah kemiskinan di Indonesia mencapai 16,7 persen dari jumlah penduduk, dan jumlah pengangguran 9,9 persen, maka pada 2013, angka kemiskinan menurun jadi 11,4 persen, dan angka pengangguran jadi 6,2 persen," katanya.

Sementara itu, Dede Yusuf, anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, juga menilai banyak kemajuan yang dicapai SBY dalam memimpin bangsa.

"Walau di Indonesia banyak terdapat agama, dan berbagai perbedaan lainnya dalam masyarakat, namun tetap bisa bersatu," katanya.

Menurut mantan wakil gubernur Jawa Barat ini, ada tiga prioritas utama dalam pembangunan di negeri ini.

Yaitu pembangunan manusia, pembangunan infrastruktur daerah, dan pembangunan kesejahteraan bagi rakyat.

"Tiap kepala daerah, harus berpikir dan mencari strategi, pembangunan mana yang didahulukan. Apakah pembangunan SDM, infrastruktur daerah, atau kesejahteraan," katanya.

Ia menilai kesejahteraan yang dirasakan masyarakat Indonesia saat ini tak lepas dari sejumlah program yang digulirkan SBY diantaranya program BOS, program Raskin, program PNPM Mandiri, dan sejumlah program lainnya.

"Program-program ini perlu dilanjutkan dalam pemerintahan baru nanti, tentu dengan sejumlah perbaikan," katanya.

(W004/A.F. Firman)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014