Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang Awang Ishak mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meneladani semangat dan sikap para pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

"Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi, semangat dan tekad perjuangan," ucap Awang saat membacakan sambutan Menteri Sosial pada Upacara Hari Pahlawan di Singkawang, Senin.

Awang mengatakan, bahwa sikap kesetiakawanan sosial para pahlawan harus dicontoh karena hal itu merupakan perwujudan kepekaan sosial dan batin.

"Kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekadar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang," kata dia.

Awang juga menyampaikan, usia kemerdekaan Indonesia saat ini telah menginjak 69 tahun. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 ini mengambil tema besar "Pahlawanku Idolaku".

"Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai 'panutan' maupun figur idola pencarian jati diri," ujar Awang.

Awang berharap, peringatan Hari Pahlawan ini bisa menjadi momentum bagi generasi penerus bangsa untuk semakin memajukan bangsa ke depan.

"Untuk itu tema Pahlawanku Idolaku diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di 'dada' setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa," harap Awang.

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014