Jakarta (Antara Kalbar) - Kementerian Koperasi dan UKM menawarkan pelatihan tentang kemasan modern untuk produk UMKM agar mampu bersaing di pasar yang lebih luas sekaligus mendapatkan nilai tambah yang lebih tinggi dari harga jual produk mereka.

"Fokus dari program ini adalah membantu para pelaku UMKM untuk mendapatkan manfaat dari satu langkah sederhana yakni pengemasan modern," kata Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM Budi Mustopo di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan jika para pelaku UMKM memahami dengan baik arti pentingnya pengemasan modern otomatis secara substansial pelaku UMKM akan dengan mudah mengembangkan usaha mereka.

Selama ini para pelaku bisnis modern sudah lebih dahulu menyadari betapa signifikannya teknik pengemasan modern yang mampu meningkatkan nilai tambah dari produk yang dijual.

"Memang ini bukan pekerjaan yang mudah namun sangat memungkinkan untuk dijalankan oleh UMKM," katanya.

Ia mengatakan dalam pelatihan yang ditawarkan itu, peserta program pelatihan adalah mereka yang sama sekali belum mengemas produk secara modern.

Oleh karena itu pihaknya menjalankan program tersebut mulai dari awal sejak tataran konsep hingga teknis pelaksanaan.

"Dengan memahami dan mampu membuat kemasan yang memenuhi standar kesehatan atau estetika modern, diharapkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk UMKM meningkat sehingga pasarnya akan menjadi lebih luas," katanya.

Selama ini pihaknya menyadari masih banyak pelaku UMKM yang menjalankan bisnisnya dengan cara yang sangat tradisional terutama dalam hal pengemasan produk.

Padahal produk yang mereka hasilkan boleh jadi sangat baik kualitasnya dan spesifik atau khas suatu daerah yang tidak bisa diproduksi di tempat lain.

(H016/H. Wahyudono)

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014