Sekadau (Antara Kalbar) - Bencana memang tidak bisa diprediksi secara pasti kapan datangnya. Karena itu, meningkatkan kewaspadaan dini terhadap bencana sangat penting. Terlebih bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana.

“Meningkatkan kewaspadaan sangat penting sebagai langkah antisipasi. Berdasarkan pantauan, potensi bencana sangat rawan terjadi akhir tahun ini hingga awal tahun depan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi di kantornya, Senin  (24/11).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sekadau pun mengakui jika di akhir tahun ini menjelang awal tahun 2015 wilayah Kabupaten Sekadau rawan terjadi bencana. Ancaman yang bisa saja datang pun beragam, mulai banjir, longsor, puting beliung hingga kebakaran.

"Namun demikian, kita tidak dapat memastikan kapan bencana akan datang dan wilayah mana saja yang rawan terkena dampaknya. BPBD sendiri telah berupaya mensosialisasikan bahaya bencana kepada masyarakat dengan menyebarkan atribut imbauan khususnya di kawasan yang dinilai rawan bencana seperti kawasan Belitang Hulu dan Nanga Mahap," paparnya.

Dia melanjutkan, yang paling berpotensi adalah banjir karena sekarang sedang musim penghujan. Selain itu masyarakat patut waspada ancaman angin puting beliung dan bencana lain.

"Kami berharap imbauan ini tidak membuat masyarakat resah, ini untuk meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014