Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya Kalbar menyatakan telah menyeleksi 85 calon kepala sekolah untuk ditempatkan di sekolah dari jenjang pendidikan SD hingga SMA guna meningkatkan kualitas guru dan pendidikan di kabupaten itu.

"Kami telah menyeleksi sebanyak 85 orang kepala sekolah yang akan ditempatkan di sejumlah sekolah di Kubu Raya. Karena, di dalam meningkatkan kualitas dan kualifikasi guru, dimulai dari pimpinan atau atasannya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kubu Raya, Muhammad Yunus, usai kegiatan HUT PGRI ke-69 di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2014 dan HUT PGRI ke 69, diharapkan dukungan aktif seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan pengoptimalan peran guru.

Dia menjelaskan, guru merupakan faktor penentu utama proses pendidikan dan pembelajaran. Tidak ada guru tidak ada pendidikan, hanya dengan sentuhan guru yang profesional bermartabat, dan sejahtera, anak-anak bangsa akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan bermutu.

"Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2014 dan HUT PGRI ke 69 tahun ini, pemerintah sedang dan akan terus secara sungguh-sungguh berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru. Pemerintah juga akan terus memberdayakan guru agar benar-benar berkembang secara profesional dengan meningkatkan, kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, dan perlindungan bagi mereka dengan program pemerataan guru terutama di daerah terpencil," tuturnya.

Selain itu juga, Pemkab Kubu Raya akan meningkatkan tugas dan memberdayakan pengawas-pengawas sekolah, baik itu di tingkat, SD, SMP, maupun di tingkat SMA/SMK.

Yunus menambahkan, Untuk itu pihaknya akan lebih cermat dalam proses rekrutmen calon guru, proses penyiapan calon guru di jenjang pendidikan prajabatan hingga proses rekrutmen, penempatan, pelatihan dan jabatan dan proses supervisi kinerja guru merupakan siklus yang perlu di benahi dengan sungguh-sungguh secara berkelanjutan.

"Pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan penyelenggara pendidikan tidak pernah berhenti dan berupaya meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan guru. Secara bertahap dan berkesinambungan pihak-pihak yang berkepentingan ini akan melaksanakan peningkatan kualifikasi dan melakukan sertifikasi profesi guru sebagai bagian dan standardisasi kompetensi guru secara nasional," katanya.

Untuk itu, setiap guru harus bisa menjaga profesinalisme dan kekompakan dalam menjalankan tugasnya. Hal ini juga sebagaimana, diamanatkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru.

Dia menjelaskan dengan berbagai program yang diterapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, diharapkan kualitas dan kuantitas guru di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini, bisa menjadi contoh bagi Kabupaten lainnya di Kalimantan Barat.

"Selain itu, tunjangan yang diberikan Pemkab Kubu Raya dan diterapkannya sertifikat guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai bagian dari penetapan kebijakan guru sebagai profesi, pemerintah berharap kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, harkat dan martabat, serta perlindungan guru dapat di tingkatkan. Sehingga guru dapat menjalankan tugas dengan baik, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional," kata Yunus.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014