Pontianak  (Antara Kalbar) - Hotel Training di SMKN V Pontianak, di Jalan Ahmad Yani, Kamis, diresmikan beroperasi dan terbuka untuk umum, kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji.

"SMKN V Pontianak juga dilengkapi sebuah laboratorium tata kecantikan kulit hasil kerja sama Pemerintah Korea Selatan melalui Korea International Coorperation Agency (KOICA)," kata Sutarmidji di Pontianak.

Ia menjelaskan hotel SMKN V Pontianak sebagai salah satu hotel yang berbasis pendidikan di Kalimantan Barat, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa di bidang perhotelan.

"Apalagi SMKN V memiliki jurusan akomodasi perhotelan, sehingga hotel ini bisa digunakan untuk praktik maupun pelatihan siswa agar profesional. Selain memiliki pengalaman praktik kerja di bidang perhotelan dan tata kecantikan, siswa juga memiliki `skill` yang baik sehingga output siswa yang lulus nanti memiliki tenaga ahli yang siap pakai, yang tentunya berimbas juga terhadap upah yang diterimanya saat bekerja nanti," ungkap Sutarmidji.

Sementara itu, Kepala SMKN V Pontianak Uray Muhani menyatakan hotel SMKN V memiliki 15 kamar, dengan satu ruangan VIP, dua buah aula yang bisa menampung 150-200 orang.

"Hotel ini nantinya akan beroperasi layaknya sebuah hotel, kami akan memberdayakan semua siswanya untuk ikut terlibat dalam mengaplikasikan ilmu mereka, selain itu juga akan mengembangkan tenaga manajemen sambil menunggu perkembangan hotel ini," ujarnya.

Menurut dia pembangunan hotel yang berada di lantai tiga itu sebenarnya sudah selesai tahun 2012, namun baru diresmikan sekarang karena masih membutuhkan penambahan sarana dan prasarana untuk membuat tamu merasa nyaman.

Dengan diresmikannnya hotel ini, menurut dia SMKN V menjadi satu-satunya sekolah kejuruan di Kalbar yang memiliki sebuah bangunan hotel.

Menurut dia SMKN 5 Pontianak telah sejak 23 Februari 1965, dengan memiliki empat jurusan keahlian, yakni jurusan pariwisata, tata boga, tata kecantikan, dan tata busana dengan kompetensi keahlian yang dimiliki diantaranya akomodasi perhotelan, jasa boga, kecantikan rambut, dan busana butik.

"Dengan diresmikannya hotel ini, kami harapkan dapat lebih mempermudah anak didik dalam melakukan aplikasi pelajaran mereka serta tidak perlu lagi melakukan magang ke hotel lain seperti sebelumnya," kata Muhani.



(U.A057/B/N005/N005) 27-11-2014 15:59:17

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014