Singkawang (Antara Kalbar) - Kota Singkawang menjadi tempat pelaksanaan Kejurda Provinsi Kushin Ryu M Karatedo Do Indonesia (KKI) Kalimantan Barat yang akan berlangsung dari 5-7 Desember.



Ketua Panitia Pelaksana Kejurda Provinsi KKI Kalbar, IPDA Eeng Suhenda menyebutkan, dua kegiatan Kejurda KKI Provinsi Kalbar itu akan dilaksanakan pada Jumat (5/12) sekitar pukul 15.00 wib.



Sedangkan kejuaraannya akan dimulai pada 6-7 Desember, di Gedung Krida Mandala Singkawang. Dipilihnya Kota Singkawang sebagai penyelenggara event itu, kata pria yang menjabat sebagai Ketua Harian Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Provinsi Kalbar ini, lantaran telah berhasil menjadi juara umum kedua pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar di Kota Pontianak kemarin.



Adapun kelas yang dipertandingkan dalam memperebutkan piala bergilir Ketua Umum KKI Provinsi Kalbar itu, kata dia, yakni kelas kader untuk yunior dan senior.



Tujuannya, kata dia, adalah selain mencari kader-kader KKI juga mencari atlet-atlet KKI yang berprestasi baik di tingkat perguruan KKI maupun daerah.



Menurut dia, jumlah peserta yang mengikuti event tersebut, diperkirakan sudah mencapai 350 peserta yang berasal dari Kalbar.



Menurut Eeng pula, persiapan panitia jelang event tersebut hampir mencapai 100 persen.



Disamping kegiatan kejuaraan itu, sambung dia, ada juga kegiatan ujian kenaikan tingkat (DAN) 1 dan 2 yang diikuti sebanyak 72 orang. Kemudian, pada Jumat (5/12) sekitar pukul 08.00 WIB akan ada kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) seluruh KKI seluruh Indonesia, di Balairung Kantor Walikota Singkawang yang rencananya akan dibuka oleh pengurus KKI Pusat, Oesman Sapta Odang (OSO). "Hampir 27 provinsi se-Indonesia akan menghadiri Rakernas tersebut," jelas dia.



Dalam Rakernas itu juga, sambung dia, selain dihadiri sebanyak 600 peserta, juga akan ada acara penyerahan penganugerahan dan kehormatan kepada Gubernur Lampung, Walikota Singkawang, Wakil Bupati Kayong Utara, dan Ketua Umum KKI Kota Singkawang. Kemudian, dilanjutkan dengan acara sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR, pembukaan gashuku/ujian DAN.



Menurut dia, dipilihnya Singkawang menjadi tuan rumah pada event ini, harus menjadi kebanggaan Pemkot dan KONI Singkawang. Karena prestasi KKI Kota Singkawang sudah terbukti pada saat Porprov Kalbar kemarin. Dan itu menurutnya, tidak mudah untuk meraih sebagai juara umum kedua. Eeng berkeyakinan, atlit KKI Singkawang, kedepannya bisa menjadi barometer KKI khususnya di Kalbar. "KONI harus bangga, karena tidak mudah untuk meraih prestasi itu," pinta dia saat didampingi Ketua Dewan Guru Pengurus KKI Pusat, Iwan Buchory. 

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014