Gorontalo (Antara Kalbar) - Mantan Presiden RI B.J Habibie batal menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) 2014 di Provinsi Gorontalo.

Presidium ICMI Sugiharto mengungkapkan B.J Habibie sangat berkeinginan untuk hadir bersama para cendekiawan, namun kondisi kesehatannya belum memungkinkan untuk ke luar daerah.

"Beliau menyampaikan pada saya titip salam untuk semua peserta dan masyarakat Gorontalo. Penginnya pak Habibie pulang kampung ke sini, tapi tim dokter kepresidenan belum mengizinkan beliau," jelasnya, Sabtu.

Sebelumnya, Habibie yang juga Ketua Dewan Kehormatan ICMI itu dijadwalkan akan menyampaikan pidato utama berjudul Penataan Kembali Sistem Berbangsa dan Bernegara untuk Kesejahteraan Rakyat, Sabtu pagi.

Selain Habibie, pembicara lainnya yang batal hadir dalam Silaknas adalah Amien Rais dan Yusril Ihza Mahendra karena dalam keadaan sakit.

Keduanya dijadwalkan memberi materi yang sama yakni Penguatan Sistem Politik, Hukum Berdasarkan Pancasila.

Sedangkan Prabowo Subianto yang akan menjadi pembicara Penguatan Sistem Ekonomi Berdasarkan Pancasila, belum dipastikan akan hadir dalam kegiatan tersebut.

Silaknas dihadiri oleh 332 peserta dari 25 provinsi di Indonesia dan telah dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat malam (5/12).

(D015/O. Tamindael)

 

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014