Sekadau (Antara Kalbar)  -Festival Budaya Bumi Lawang Kuari (FBBLK) kelima tahun 2014 yang dirangkai sekaligus dengan perayaan HUT Kabupaten Sekadau XI yang jatuh tanggal 18 Desember resmi dibuka pada Senin (15/12). Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Yohanes John didaulat mewakili Bupati untuk membuka kegiatan yang dipusatkan di lapangan EJ Lantu.

Hadir pula Kapolres Sekadau AKB Muslikhun, Ketua DPRD Sekadau, Pabung Kodim 1204 Sanggau Mayor Azis, pimpinan persero dan perbankan, para kepala SKPD dan Camat 7 Kecamatan, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Ketua panitia penyelenggaraan FBBLK V dan HUT Kabupaten Sekadau ke-XI, Adrianto Gondokusumo dalam laporannya mengatakan rangkaian kegiatan akan diisi dengan berbagai event seperti lomba tarian, lomba lagu daerah, pemilihan bujang dan dara, pawai budaya, hiburan rakyat, dan stan pameran pembangunan.

“Kegiatan akan berlangsung hingga tanggal 18 Desember. Puncaknya akan dilaksanakan upacara di halaman kantor Bupati Sekadau untuk memperingati hari jadi Kabupaten Sekadau ke-11,” kata Adrianto.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Yohanes Jhon dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan secara resmi mengatakan, FBBLK merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Sekadau setiap dua tahun sekali. FBBLK tahun ini sedikit berbeda karena dirangkai dengan HUT Kabupaten Sekadau yang baru ditetapkan tanggal pelaksanaannya pada tahun lalu melalui sebuah Perda.

“Tahun ini digabung dengan HUT Kabupaten Sekadau karena Perda hari jadi baru disahkan bersama DPRD, jadi baru bisa dilaksanakan tahun ini bersamaan dengan FBBLK,” jelas Sekda.

Agenda itu sendiri merupakan salah satu wadah untuk mempromosikan dan menggal seni budaya lokal yang perlahan mulai tergerus jaman. Dengan demikian, aset seni budaya asli Sekadau diharapkan dapat dikembangkan dan digali secara terus-menerus hingga dapat menuai prestasi.

Seperti diketahui, bidang seni budaya telah cukup banyak menuai prestasi baik di tingkat Provinsi, nasional, hingga internasional. Karenanya, Sekda menilai event FBBLK merupakan kegiatan yang penting dan bukan event yang digelar hanya untuk menghabiskan anggaran.

“Kita tahu beberapa waktu lalu anak-anak kita dari SMPN 1 Sekadau berhasil menjadi juara tarian di India, ini prestasi yang sangat luar biasa. FBBLK ini merupakan salah satu momentum untuk menggali potensi yang ada di bidang seni budaya agar dapat dikembangkan dan bisa menjadi salah satu sektor unggulan yang bisa mengharumkan nama daerah. Ini kegiatan yang penting, bukan sekedar buang-buang anggaran,” tegasnya.

Ia berharap, seluruh rangkaian kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Kepada para peserta yang akan bertanding dalam perlombaan, Sekda berpesan agar para peserta bisa mengeluarkan potensi yang ada dengan semaksimal mungkin.

“Soal kalah atau menang itu bukan ukuran. Yang pernting bertanding dengan sportif, keluarkan kemampuan terbaik dan tunjukkan kepada dunia luar bahwa Sekadau punya seni budaya yang berkelas dunia,” tutupnya.

Pewarta: Humas Pemkab Sekadau

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014