Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemkab Kubu Raya sebagai Panitia pelaksana MTQ XXVI Kalbar menyatakan amsih belum menentukan kapan tanggal pasti pelaksanaan kegiatan tersebut karena masih menunggu kepastian tanggal pelaksanaan MTQ Nasional.

"Untuk tanggal dan bulan pelaksanaan, masih sifatnya sementara. Panitia memperkirakan antara April dan Mei 2016, belum bisa ditetapkan karena melihat dahulu kepastian MTQ tingkat Nasional," kata Asisten II Pemkab Kubu Raya, Odank Prasetyo, di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, jika MTQ Nasional dilaksanakan bulan Mei 2016, maka Pemkab Kubu Raya akan melaksanakan MTQ Kalbar pada bulan April, sehingga ada waktu sebulan bagi peserta yang diutus ke tingkat Nasional untuk mempersiapkan diri.

"Kemudian, tergantung jadwal Gubernur Kalbar juga. Bila jadwal MTQ Nasional dan jadwal Gubernur sudah klop, baru bisa ditentukan tanggal dan bulannya," tuturnya.

Untuk akomodasi, lanjutnya, bagi Kubu Raya tidak ada persoalan, karena otel dan penginapan cukup banyak di Kubu Raya. Apabila nanti kurang, bisa menyewa hotel yang ada di Pontianak.

"Jarak antara Pontianak dan Sungai Raya tidak jauh. Demikian soal konsumsi, 60 peserta ditanggung panitia dan bila lebih dari 60, sisanya ditanggung oleh peserta dan ini aturan sudah umum," katanya.

Dia menjelaskan, pada MTQ Kalbar XXVI tersebut, akan ada tujuh cabang yang akan dilombakan. Ketujuh cabang itu yakni tilawah, hifzil, fahmil, syahril, khatil, tafsir, karya ilmiah Alquran.

"Namun, untuk cabang karya tulis Alquran sifatnya masih eksibisi. Dalam MTQ terbesar di Kalbar itu selain lomba, juga digelar juga pameran, pawai, karnaval, pentas seni Islam, dan sebagainya dan kita akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik untuk seluruh peserta," kata Odank.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014