Ngabang (Antara Kalbar) - Hujan terus mengguyur Kabupaten Landak beberapa hari hingga mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan merendam rumah penduduk. Banjir menerjang Kecamatan Air Besar dan Kecamatan Ngabang pada Minggu (18/1).

"Benar di kecamatan Air Besar banjir. Meliputi desa Serimbu, Hanura, Perbuah dan Kunyak. Sebagian warga sudah ada yang mengungsi," ujar Camat Air Besar Karim Supendi dihubungi ANTARA dari Ngabang, Minggu.

Untuk desa Serimbu sebagai ibu kota kecamatan Air Besar ketinggian air mencapai 1 meter sehingga merendam sejumlah rumah penduduk khususnya yang bermukim di tepian sungai Serimbu. Selanjutnya, desa Hanura ketinggian air sekitar 70 centimeter.

"Hujan masih turun, sehingga air bertahan dan kemungkinan masih naik ketinggian. Saya sudah lapor dengan pak bupati Landak atas banjir yang menerjang di wilayah kami," kata Karim.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak Theresia Limawardani membenarkan, banjir kembali menerjang sebagian kabupaten Landak meliputi Kecamatan Air Besar dan Ngabang seperti di Tanjung desa Hilir Kantor dan Pesayangan Desa Raja.

"Hujan masih turun terus, air masih naik. Kami masih menunggu laporan perkembangan dari para camat dan kepala desa," kata Dani.



Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015