Ketapang (Antara Kalbar) - Seminggu menjelang perayaan Imlek sejumlah warga Tionghoa membersihkan ruangan dan patung dewa di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang, Minggu.
    Mereka meyakini, menjelang Imlek para dewa naik ke nirwana. Sehingga, mereka memanfaatkan momen tersebut untuk membersihkan area klenteng, baik di dalam maupun luar ruangan.
    Suhardi atau Acung,  anggota Yayasan klenteng tua Pek Kong Ketapang mengatakan, aktivitas membersihkan area klenteng dan memandikan patung dewa sudah rutin dilakukan.
    "Tidak hanya menjelang perayaan Imlek saja, dihari-hari biasanya pun klenteng tetap dibersihkan," ujar dia.
    Tak hanya patung, sejumlah peralatan ritual juga dimandikan menggunakan sabun. Begitu pula dengan ruangan dan lantai klenteng, semua dibersihkan.
    Ketua Yayasan Klenteng Tua Pek Kong Ketapang Ayong, menjelaskan, sejak tanggal 8 febuari 2015 hingga Imlek mendatang, klenteng ini mulai dibersihkan.
    Ia menambahkan, tujuan bersih-bersih tersebut, agar saat para dewa kembali turun pada malam perayaan Imlek mendatang, merasa senang tempat tinggalnya bersih. Dengan demikian, warga Tionghoa berharap dewa akan selalu memberkati dan melapangkan rezeki mereka.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015