Sanggau (Antara Kalbar)- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau, Ny Arita Apolina Hadi S Pd, M Si menegaskan, sepuluh program pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia.
   
"Pada hakekatnya sepuluh program PKK merupakan kebutuhan dasar manusia, karena
meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga," ungkap Arita saat bertemu pengurus tingkat kecamatan di Sanggau.
   
Termasuk pula, kata Arita, bidang pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.
   
Jadi untuk menjalankan  sepuluh program itu ditugaskan empat kelompok kerja PKK. "Dari semua tugas yang diemban para kader PKK itu, hendaknya TP PKK dan Kader PKK mulai dari Kabupaten, kecamatan sampai ke desa harus terus membangun sinergitas," tutur Arita.
  
Khusus untuk pengurus PKK, terutama isteri-isteri camat se Kabupaten Sanggau, Arita berpesan hendaknya giat dan terus menggalakkan program PKK hingga kelengkapan administrasi, maupun pembinaan ke desa.
   
"Saya minta, ibu-ibu camat harusnya giat melaksanakan program PKK, diantaranya mempelajari buku panduan yang telah dimiliki. Jika  pengurusnya belum terbentuk segeralah dibentuk dan adakan penyegaran pengurus libatkan semua elemen," pinta Arita.
   
Menurut Arita, PKK merupakan wadah bermitra dengan pemerintah yang dimotori kaum perempuan. Dimana beraktivitas dengan mengandalkan hati nurani sebagai seorang perempuan terutama sebagai ibu.
   
"Untuk Bapak Camat selaku pembina PKK kecamatan, saya harapkan dapat mendukung PKK kecamatan dalam melaksanaakan pembinaan hingga ke pelosok desa," ujar dia.
   
Hadir dalam kesempatan itu, wakil ketua TP PKK Sanggau Ny Yohana Kusbariah Ontot dan Ny Agnes Leysandri, S Pd.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015