Sintang (Antara Kalbar) - Salah satu tantangan saat ini yang mengkhawatirkan di kalangan anak muda adalah penyalahgunaan narkoba, HIV AIDS, pergaulan bebas dan globalisasi karena kaum muda masih mendominasi pengguna narkoba, kata Bupati Sintang Milton Crosby.

Pernyataan tersebut disampai Milton saat memberikan pengarahan pada pelantikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila, Minggu.

"Kaum muda identik dengan kaum yang idealis dan energik. Peran pemuda sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan sikap kritis  terhadap lingkungan serta peran sebagai  agen perubahan. Jadilah sosok pemuda yang berkomitmen, berprestasi dan memiliki kepekaan sosial. Siap bekerjasama dengan semua pihak dan melakukan gerakan perubahan. Serta jadilah sosok pemuda yang religius," kata Bupati Sintang.

Sementara Agus Darius Ketua Panitia acara pelantikan menyampaikan kepengurusan GAMKI Kabupaten Sintang sudah setahun yang lalu terbentuk, namun baru bisa dilakukan pada saat ini.

"Pelantikan ini untuk membenahi organisasi dan momen yang penting bagi pengurus serta anggota untuk menjalankan fungsi organisasi. Saya yakin GAMKI akan mampu menjadi organisasi yang berkembang dan sejajar dengan organisasi kepemudaan yang lain di Kabupaten Sintang," kata Agus Darius.

Ketua GAMKI Kabupaten Sintang Jefray Edward menyampaikan pemilihan dirinya sebagai ketua GAMKI dilakukan melalui konfercab tahun lalu, dan bukan atas kemauannya.

"Dalam waktu dekat kita akan segera membentuk PAC di semua kecamatan. GAMKI merupakan organisasi nasional dan perjuangannya sudah dilakukan sejak kita akan merebut kemerdekaan. Ini tugas yang berat untuk memberikan pelayanan bagi kaum muda serta semua kalangan yang berjiwa muda di lintas gereja. Kita sepakat GAMKI tidak boleh dijadikan alat politik, tetapi fokus keagamaan dan  sosial kemasyarakatan," kata Jefray Edward.

(Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015