Sekadau ( Antara Kalbar ) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Sekadau memperkuat pembinaan keimanan untuk masyarakat melalui berbagai even-even bertema keagamaan.  

Ketua I LPTQ, Kaharudin di Sekadau mengatakan, di era modernisasi dewasa ini, pembinaan keimanan penting dilaksanakan guna membentengi diri dari pengaruh globalisasi. "Apalagi, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, pengaruh dunia luar dengan mudah masuk ke daerah-daerah kecil," ujar dia.

Ia menambahkan, lewat kegiatan pembinaan iman, diyakini pengaruh-pengaruh buruk dari perkembangan jaman dapat diminimalisir.

LPTQ Kabupaten Sekadau sendiri akan mengikuti kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an ( STQ ) tingkat Provinsi Kalimantan Barat ke- 23 yang akan diselenggarakan di Pontianak pada akhir bulan Maret 2015. Pihaknya akan melibatkan masyarakat sebagai peserta.
"Rencana awal akan membentuk kafilah-kafilah. Biasanya melibatkan perwakilan tiap-tiap kecamatan," kata dia.

Kepastian keikutsertaan dalam ajang level provinsi itu didapat setelah rapat yang diadakan di kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau yang dihadiri pengurus inti LPTQ. Untuk mengikuti kegiatan STQ agar Kabupaten Sekadau tak sekedar numpang lewat, menurut Kahar harus ada persiapan yang matang, terutama cabang-cabang yang akan di lombakan.

"Nanti akan ada pemusatan latihan dan seleksi peserta. Idealnya tiap kecamatan dapat mengirimkan masing-masing dua orang Qari Tilawah," tutur Kaharudin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau M. Taufik mengingatkan agar pengurus LPTQ dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga dalam mengikuti STQ nantinya tidak mengalami kendala.

"Persiapan yang dilakukan bukan hanya peserta yang akan ikut dalam lomba,  tetapi juga persiapan lain yang menunjang kegiatan lomba. Disamping itu perlu dipertimbangkan cabang apa yang menjadi andalan dan dianggap dapat memperoleh prestasi," saran Taufik.


Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015