Ketapang (Antara Kalbar) - Polres Ketapang dan pemerintah daerah setempat untuk pertama kalinya mengelar "Car Free Day" sekaligus olahraga bersama masyarakat yang dipusatkan di Jalan R Suprapto, Ketapang, Minggu.

    Kapolres Ketapang AKBP Hady Poerwanto melalui Kasat Lantas Polres Ketapang AKP Wahyu Jati Wibowo menyampaikan bahwa dalam kegiatan itu masyarakat bebas melakukan olahraga dan lainnya selama lebih kurang 3 jam dimulai pada pukul 06.00-09.00 WIB.

Berbagai komunitas seperti pesepeda, pesenam, pesepatu roda, motor mendatangi ruas jalan protokol tersebut hingga sekitar 1,5 kilometer. Menurutnya kegiatan ini juga bisa menambah kemampuan masyarakat dalam bidang tertentu. "Dalam kegiatan ini semua komunitas seperti pesepatu roda berkumpul. Mereka itu terdiri dari beberapa kelompok yang mungkin sebelumnya tak kenal," tuturnya.

"Tapi adanya kegiatan ini mereka bisa ketemu, bersilaturahmi saling kenal. Bahkan tentu bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman masing-masing untuk menunjang kemampuan mereka," tambahnya.

Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Wahyu Jati Wibowo mengatakan kegiatan ini merupakan penyediaan jalur sarana olahraga bagi msayarakat. Tujuannya juga sebagai upaya menurunkan emisi gas atau polusi udara dari kendaraan.

"Ini baru uji coba tapi sukur berjalan sukses dan khusus yang kita undang sekitar 80 persen hadir," kata Kasat Lantas.
 
    Ia menambahkan, kedepan kemungkinan besar di Jl R Suprapto ini yang akan dijadikan area car free day. "Karena dikaji dari sisi keamanan dan sosial di jalan ini cocok. Di jalan ini cukup banyak gang yang bisa dijadikan pengalihan jalur pengendara dan lain-lain," jelasnya.

    Kasat Lantas mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan berkelanjutan secara rutin tiap pagi Minggu. Ia mengajak masyarakat Ketapang bergabung dan berolahraga di area Car Free Day. Diharapkannya adanya kegiatan ini bisa meningkatkan hidup sehat pada masyarakat.

    "Kegiatan ini kita laksanakan rutin tiap pagi Minggu. Kita mengajak masyarakat bergabung mengikuti kegiatan ini. Harapan kita semoaga adanya kegiatan ini hidup masyarakat semakin sehat," tuturnya.

    Sementara Kasi Prasarana Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Ketapang, Sutarto mengatakan Jl R Suprapto baru sebagai uji coba dijadikan jalur car free day. Pihaknya masih akan mengkaji terus sebelum ditetapkan.

Ia mengaku memang animo masyarakat saat kegiatan car free day cukup besar. Namun tidak menutup kemungkinan ditetapkan jalur lain jika dinilai tepat dan lebih bagus. Sebab itu pihaknya juga menerima saran-saran dari masyarakat sebelum penetapan.

Menurutnya jika jalur car free day sudah ditetapkan dan legalitasnya terpenuhi. Maka lebih mudah untuk melaaksanakan berbagai kegiatan dan lain sebagainya. “Kita akan koordinasi sama Kepolisian untuk menetapkan jalur car free day ini,” ungkapnya.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015