Pontianak  (Antara Kalbar) - Soal atau naskah Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/sederajat sudah tiba di Kalimantan Barat, dan disimpan di sebuah gudang Jalan Soekarno-Hatta di Kabupaten Kubu Raya.

Staf Sekretariat UN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar Paimin Selamet di Pontianak, Senin, mengatakan, soal UN tingkat SMA/sederajat itu, tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Sabtu (28/3), dan begitu tiba langsung dibawa ke sebuah gudang penyimpanan.

Dia menjelaskan, pelaksanaan UN tahun 2015 akan dilaksanakan 13 sampai 15 April 2015, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.

"Soal UN SMA/sederajat tahun 2015 dibawa menggunakan dua mobil kontainer dan satu mobil mini bus milik Kantor Pos Cabang Pontianak, menuju gudang penyimpanan," ungkapnya.

Menurut Paimin, soal UN SMA/sederajat tahun 2015 itu, akan didistribusikan ke kabupaten/kota Kalbar mulai H-7 menjelang pelaksanaan UN, yakni tanggal 13 hingga 15 April mendatang.

"Pola pendistribusiannya, lebih diutamakan kepada kabupaten terjauh dahulu, seperti Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, Sintang, Kayong Utara, Sambas, Sanggau, Sekadau, Landak, dan Bengkayang," ungkapnya.

Kemudian, seperti biasanya, baru disusul di kabupaten terdekat, seperti Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kubu Raya, dan Kota Pontianak, katanya.

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, ada sekitar 615 unit SMA/sederajat atau sebanyak 49.494 peserta UN tahun 2015 yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Kalbar.

Untuk UN tahun 2015 tingkat SMP/sederajat diselenggarakan tanggal 4 Mei, sementara SD/sederajat, tanggal 18 Mei 2015.

"Soal UN tahun ini dicetak di sebuah percetakan di Surabaya, Jawa Timur. Untuk gudang penyimpanan soal UN mendapat pengamanan dari Kepolisian Daerah Kalimantan Barat," ujarnya.


(A057/F003) 

Pewarta: Mawardi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015