Putussibau (Antara Kalbar) - Rombongan Kementerian Kesehatan RI yang dijadwalkan mengunjungi daerah perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, 13 - 14 April, ditunda sehari karena adanya rapat kabinet.
   
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, dr Harisson, M. Kes terkait rencana kunjungan Menkes Prof dr Nila F Moeloek, Sp.M. "Hari ini beliau menghadiri rapat kabinet di Bogor. Jadi rombongan Kemenkes itu berangkat menuju Putussibau besok  14 April pukul 13.00 WIB," kata Harison di Putussibau, Senin.
    
Adapun rombongan Kemenkes yang akan mengunjungi Kapuas Hulu, diantaranya Sekjen Kemenkes, Irjen Kemenkes, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Staf Ahli Menteri Bidang Peningkatan Kapasitas Pelayanan Kesehatan Primer, pejabat Eselon II dan III Kemenkes dan Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar.
   
"Sementara dari provinsi, hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Direktur RSUD se-Kalbar, Kadis Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalbar.  Bahkan hari ini para Kadiskes Kabupaten/kota sudah  sudah pada berdatangan," papar Harisson.
    
Harisson melanjutkan, setelah mendarat di Putussibau, rombongan menteri langsung meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Kedamin, Putussibau Selatan. "Disitu rombongan menteri akan melihat pelayanan IVA, pelayanan inspeksi visual asam asetat atau pemeriksaan deteksi dini kanker mulut rahim. Ini pemeriksaan unggulan di Puskesmas itu," jelas Harisson.
    
Setelah meninjau Puskesmas Putussibau Selatan itu, dilanjutkan dengan dialog Menkes bersama Kepala Dinas dan Direktur RSUD se-Kalbar, serta para petugas kesehatan lainnya. "Setelah berdialog, Bu Menkes  mengunjung RSUD Achmad Diponegoro, di RSUD nanti, bu Menkes akan meninjau instalasi rawat inap kebidanan," terangya.
   
Kemudian pada 15 April, sambung Harisson, rombongan Kemenkes bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD se-Kalbar bertolak ke Badau menggunakan helikopter yang dilanjutkan kunjungan ke sejumlah tempat pelayanan kesehatan.
    
Agenda Menkes di Badau, diantaranya meninjau pelaksanaan kelas ibu hamil pada Posyandu rumah Betang Desa Sebindang, kemudian SD 08 Badau meninjau pelaksanaan UKS,  selanjutnya mengunjungi RS Mobile di Badau,  meninjau pelaksanaan kesehatan massal khusus penyakit tidak menular serta mengunjungi operasi katarak yang dilaksanaakan oleh persatuan dokter mata.
    
"Baru setelah itu bu Menkes menuju  Puring Kencana meninjau UKS dan Posyandu di Sungai Antu dan meninjau Puskesmas  Puring Kencana. Setelah itu pulang ke Pontianak. Jadi tujuan kedatangan bu Menkes ke daerah perbatasan ini membawa nawacita, menghadirkan negara di perbatasan dan daerah terpencil," pungkas Harisson.

Pewarta: Andreas

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015