Sekadau (Antara Kalbar) - Warga dua desa di Kecamatan Belitang mendatangi lokasi pengobatan gratis yang digelar Pemerintah Kabupaten Sekadau, pada Rabu (22/4). Pengobatan gratis itu dibuka oleh Wakil Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si di dua yaitu Desa Padak dan Desa Menua Prama.
    
Wabup Sekadau Rupinus dalam kegiatan tersebut didampingi Kadis Kesehatan dr Wirdan Mahzumi dan personil tenaga kesehatan baik dari kabupaten maupun puskesmas setempat serta Camat Belitang Miki Hermanto.
    
Kedatangan rombongan disambut antusias oleh masyarakat setempat dan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan pengobatan gratis tersebut. Mulai dari anak-anak, kalangan dewasa hingga orang tua, berbondong-bondong mendatangi pusat kegiatan pengobatan gratis untuk diperiksa.
    
Camat Belitang Miki Hermanto dalam sambutannya mengatakan masyarakat menyambut baik kegiatan tersebut. "Program ini sangat membantu masyarakat terutama dari kalangan yang kurang mampu. Untuk  itu saya imbau kepada masyarakat supaya jangan malu-malu datang ke petugas kesehatan ini, untuk diperiksa," ujarnya.
    
Sementara Kadis Kesehatan Kabupaten Sekadau dr Wirdan mengatakan pengobatan gratis ini sudah lakukan sejak tahun 2006 ketika Sekadau dimekarkan dari Kabupaten Sanggau. "Kabupaten Sekadau sangat konsen dengan masalah kesehatan, dan yang kita urus tidak hanya pasien yang normal, yang kurang normal juga kita layani," paparnya.
    
Dikatakan Wirdan, pengobatan gratis ini adalah program yang dicetuskan oleh Bupati Sekadau Simon Petrus bersama Wabup Rupinus, sehingga program yang sangat berpihak dan menguntungkan masyarakat ini diharapkan tetap berlanjut. .
    
Sementara itu Wabup Sekadau Rupinus mengatakan, pengobatan gratis adalah salah satu kebijakan strategis Pemkab Sekadau dalam membantu masyarakat di kabupaten itu. Salah satu tujuan sekaligus harapan pemerintah adalah dalam rangka memberi jaminan hidup kepada masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera.
    
Diakui juga, lanjut Rupinus, masih banyak program pemerintah Kabupaten Sekadau yang belum dilaksanakan karena keterbatasan anggaran. Namun demikian Pemkab Sekadau sudah berbuat banyak. "Silahkan masyarakat yang menilainya, silahkan masyarakat yang merasakannya. Kami sudah berbuat, jika ada hal yang kurang itu kami akui, namun program yang belum terlaksana akan kita lanjutkan," ujar dia.
    
Usai memberikan sambutan, wakil bupati menyerahkan hadiah kuis kepada warga yang beruntung. Untuk diketahui, Desa Menua Prama merupakan desa baru yang terbentuk pada tahun 2012 lalu, berpisah dari desa induk  yaitu Padak.

Pewarta: Hartono/Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015