Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Rupinus melepas secara resmi keberangkatan kontingen Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kabupaten Sekadau tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2015, Rabu.

Dalam acara pelepasan kontingen STQ tersebut wakil bupati didampingi Kabag Kesra, Kabag Pemerintah dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau para pengurus LPTQ Sekadau dan peserta STQ Kabupaten Sekadau tahun 2015.

Ketua kontingen STQ Kabupaten Sekadau yang juga ketua I LPTQ Kabupaten Sekadau Kaharudin dalam laporannya mengatakan Kabupaten Sekadau pada perhelatan STQ mengikutsertakan 8 (delapan) orang peserta dan 14 orang pendamping atau official.

Kaharudin mengatakan semua kegiatan STQ  akan dipusatkan di Masjid Mujahidin Pontianak.

"Nanti semua kegiatan akan dipusatkan di Masjid Mujahidin dan kantor dinas kesehatan provinsi Kalimantan Barat," katanya.

Sementara itu kepala kantor Kemenang Kabupaten Sekadau M. Taufik dalam sambutannya mengatakan dasar pelaksanaan STQ yang merupakan agenda 2 tahunan ini mengacu pada surat LPTQ provinsi Kalimantan Barat nomor 03/LPTQ-Prov/II/2015 tanggal 11 Februari 2015 dan surat gubernur Kalimantan Barat nomor 451/1307/Kessos-B tanggal 23 april 2015 tentang STQ tingkat provinsi Kalimantan Barat tahun 2015 di Pontianak.

Sebagai Kepala Kemenag, Taufik berharap kepada kontingen STQ Kabupaten Sekadau agar tampil dengan baik, karena kontingen STQ ini membawa nama daerah Kabupaten Sekadau. Jika dua tahun lalu STQ Kabupaten Sekadau ketika berlaga di Kabupaten Kapuas Hulu berada pada peringkat 9 setidaknya tahun ini prestasi itu bisa ditingkatkan lebih baik lagi atau setidaknya bisa dipertahannya.
"Kita ingin STQ ini ada kualitasnya, karena peserta STQ merupakan cikal bakal untuk tampil di event besar MTQ apakah itu tingkat kabupaten atau tingkat provinsi bahkan tingkat nasional," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan  Taufik, ke depan bukan tidak mungkin pelaksanaan STQ maupun MTQ Kabupaten Sekadau menjadi tuan rumah pelaksanaan event besar ini.

"Karena hampir semua kabupaten di provinsi Kalimantan Barat sudah melaksanakan event STQ dan MTQ, kita berharap Kabupaten Sekadau atas dukungan bupati maupun wakil bupati dan masyarakat Kabupaten Sekadau bisa menjadi tuan rumah STQ dan MTQ," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sekadau Rupinus dalam arahannya mengatakan pemerintah Kabupaten Sekadau mendukung pelaksanaan STQ maupun MTQ yang pelaksanaanya dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini.

Wakil Bupati juga berharap kepada peserta kafilah STQ dapat tampil dengan prima dan berusaha berjuang menjadi juara. Orang nomor dua di bumi lawang ini juga minta kepada kafilah untuk menjaga kesehatan, sehingga bisa tampil dengan baik dan akhirnya menjadi meraih prestasi gemilang. Dan kepada para pendamping, pelatih dan atau official agar selalu memberikan semangat kepada kafilah.

"Saya berharap ketua kafilah dan pelatih agar selalu memberikan semangat dan dorongan kepada seluruh peserta kafilah," ujarnya.

Kaitannya dengan pelaksanaan STQ dan MTQ untuk menjadi tuan rumah wakil bupati Rupinus mengatakan hal itu sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah jika ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan STQ, MTQ maupun Pesparawi.

"Jika kita ditunjuk menjadi tuan rumah, kita harus siap melaksanakan tugas itu," ujarnya. (Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015