Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengatakan masyarakat yang berada dalam kawasan Kota Terpadu Mandiri Rasau Jaya membutuhkan peningkatan infrastruktur seperti gudang, tempat pengeringan padi dan sejumlah sarana penunjang lainnya.

"Sejak beberapa waktu lalu beberapa bantuan dari pemerintah pusat seperti handtractor, mesin penggilingan padi dan sejenisnya sudah kita terima. Namun, beberapa masyarakat disana mengaku masih membutuhkan gudang dan tempat pengeringan padi," kata Nursyam di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kubu Raya, Pemprov Kalbar dan pemerintah pusat untuk pengadaan dan penempatan peralatan tersebut sehingga peningkatan produktivitas dan percepatan pembangunan KTM yang mendorong meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa segera terwujud.

Nuryam menambahkan, pihaknya akan memprioritaskan pengembangan dua produk perkebunan skala besar seperti jagung dan padi, untuk mendukung percepatan pembangunan Kota terpadu Mandiri Rasau Jaya.

"Saat ini telah teridentifikasi berbagai hal yang berhubungan dengan kebutuhan pendukung dalam pengembangan KTM Rasau Jaya. Dari beberapa kali pertemuan dengan pihak terkait akan kita prioritaskan mengembangkan dua produk perkebunan skala besar seperti jagung dan padi," tuturnya.

Dengan adanya perhatian lebih dari pemerintah, Nursyam berharap masyarakat juga pro aktif meningkatkan kualitas skill yang dimiliki sehingga optimalisasi pembangunan KTM bisa cepat dilakukan.

Sementara itu, lanjutnya, upaya untuk mendorong lajunya pertumbuhan KTM Rasau Jaya terus dilakukan sejumlah pihak terkait. Salah satu langkah nyata untuk mempercepat pengembangan KTM tersebut dilakukan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan memberikan pendampingan agribisnis dan agroindustri di KTM Rasau Jaya.

"Beberapa waktu lalu, Kasubdit Lembaga Ekonomi dan Permodalan Direktorat Pengembangan Usaha Ditjen Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Rifmayulis mengatakan salah satu upaya yang akan dilakukan pihaknya dalam mendorong percepatan pembangunan KTM seperti akan mengembangkan komunitas unggulan melalui sektor agribisnis dan agroindustri," katanya.

Dalam dua sektor yang berpotensi tersebut pengembangannya mulai dari hulu hingga ke hilirnya akan didorong untuk ditingkatkan seperti meningkatkan bagian memproduksi hingga proses pengolahan hasil dan pemasarannya termasuk melakukan pembenahan jika di dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan," kata Nursyam.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015