Sanggau (Antara Kalbar) - Sedikitnya enam puluh pesepeda tergabung dalam pecinta mountain bike (MTB) atau sepeda gunung dari Sanggau dan Komunitas Pontianak menerabas diantara pepohonan, tanah merah, tanjakan mendaki serta turunan curam di kawasan salah satu perkebunan kelapa sawit di pinggiran Kota Sanggau, pada Minggu (24/5).
    
Ajang ini merupakan momen touring perdana bersama sesama pecinta MTB di Kalbar mengingat trek ini cukup menantang dan memacu adrenalin.
   
"Suatu kebanggaan bagi kami, mendapatkan kunjungan dan bisa bersepeda bersama dengan kawan-kawan sesama pecinta sepeda MTB dari Pontianak. Alhamdulillah, touring kita berhasil dan sukses," ujar koordinator pecinta MTB Sanggau, Denny Apriansyah didampingi pengurus lainnya, Abang Syukur Mahmuddin (Bang Kodol), Dedi Damhudi, Roslan dan Ifit.
    
Menariknya, pecinta MTB Pontianak Community diikuti Susiyanto sebagai peserta tertua berusia 57 tahun. Sedangkan pecinta MTP Sanggau diikuti peserta termuda Risky Fadhila berusia muda belia 9 tahun.
    
Kedua pecinta sepeda MTB beda usia ini, berhasil menaklukan beratnya medan dan harus melintasi trek sepanjang total 30 kilometer (km) tersebut.
    
Trek ini terbilang cukup berat dijelajahi bagi penggowes, karena jalur yang dilintasi terdiri dari lintasan berkontur dan memiliki banyak rintangan dengan tingkat kesulitan tinggi. Medannya masih alami, tanahnya merah berlumpur habis diguyur hujan dan dikelilingi beragam jenis pepohon.
    
"Walaupun trek nya cukup menantang di jalur itu dan kontur tanahnya naik turun. Medannya berliku-liku, kita semua lolos dan tak mendapatkan halangan,” ungkapnya.
    
Senada ditambahkan Dedi Damhudi, meski menempuh medan berat sepanjang lintasan, mereka seakan tak merasa lelah. Bahkan, selalu diselingi dengan lemparan canda sepanjang jalan. "Kita betul-betul menikmati kebersamaan. Medan berat pun tak terasa dan berhasil kita taklukkan," ujarnya.
    
Sementara koordinator pecinta MTB Pontianak Community, Adi Bastian mengaku trek yang disuguhkan pecinta MTB Sanggau "terbilang terberat dari yang pernah mereka coba. "Trek ini sangat menantang dan berat sekali. Kita sering besepeda di berbagai wilayah. Tapi di Sanggau ini, kita menemukan trek yang betul-betul berkesan," ujarnya.
    
Bastian juga mengucapkan terima kasih atas sambutan pecinta MTB Sanggau. Dan kedepan, hubungan silaturahmi semakin dipererat. "Kita sangat berterima kasih atas sambutan kawan-kawan di Sanggau ini. Kapan ada kesempatan kita akan ke Sanggau lagi," ujarnya.





Pewarta: M Khusyairi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015