Putussibau (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pariwisata Kapuas Hulu Antonius A Md SE mengatakan perlu kebijakan khusus bagi kalangan muda yang terpilih sebagai duta wisata sehingga memiliki jenjang karir yang jelas ke depannya.
      "Ketika kita memilih duta wisata kemudian terpilih, lalu dikirim ke tingkat provinsi hingga nasional, itu menjadi tanggungjawab provinsi," kata Antonius di Putussibau.
      Menurut dia, ketika duta wisata dikirim, setelah terpilih mereka selanjutnya akan menjadi apa. "Di Dinas pariwisata tidak bisa menampung setiap tahunnya. Mau honor dimana? Kecuali memang ada kebijakan, misalkan mantan duta wisata lingkungan dipekerjakan misal di perusahaan, bank, sebagai reward mereka," papar dia.
      Antonius menambahkan, hanya sekedar melakukan tahapan seleksi hingga pemilihan pihaknya sanggup.
      "Tapi harus ada saluran setelah itu. Mereka harus diberdayakan. Kalau dana itu relatif, namun persoalan setelah mereka terpilih nanti yang perlu dipikirkan," katanya.
        Menurut Antonius, duta wisata sangat penting untuk mempromosikan objek wisata yang ada di Kapuas Hulu, hanya saja masih banyak destinasi yang akan dipromosikan belum siap.
      "Seperti rumah di Hulu Gurung, kemudian di Danau Sentarum. Tapi kalau di Danau Sentarum, infrastruktur sudah dipersiapkan disana," jelas Antonius.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015