Sungai Raya (Antara Kalbar) - DPRD Kabupaten Kubu Raya menilai penyerapan anggaran dan program kerja bupati setempat pada tahun 2014 kurang maksimal.

"Dari hasil penilaian yang kami lakukan melalui Pansus LKPJ Bupati Kubu Raya tahun 2014, disimpulkan bahwa kinerja bupati Kubu Raya tahun lalu, khususnya dalam penyerapan anggaran dan pelaksanaan program kerja, masih belum maksimal," kata Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suprapto di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, terkait hal tersebut DPRD Kubu Raya memberikan beberapa catatan penting terhadap LKPJ) Bupati Kubu Raya akhir tahun anggaran 2014.

"Rekomendasi DPRD merupakan catatan sangat berharga bahwa saat ini LKPJ telah selesai dilakukan. Karena, dari hasil penilaian DPRD melalui Pansus LKPJ akhir tahun anggaran 2014, dari setelah dilakukan analisa, secara saksama memang terdapat sejumlah dinas yang hasil pencapaian kinerjanya belum maksimal," tuturnya.

Suprapto mengatakan yang dimaksud pencapaian beberapa SKPD belum maksimal, karena setelah melakukan analisa dan penilaian secara menyeluruh di lapangan masih ada beberapa SKPD yang penyerapannya belum optimal.

Untuk itu, dia berharap rekomendasi tersebut akan menjadi tolak ukur Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk melakukan perbaikan termasuk peningkatan kualitas kinerja bagi semua SKPD.

"Kalau pada tahun anggaran 2014 lalu secara umum kami menilai hasil capaian termasuk penyerapan anggaran dan sejenisnya pada kinerja semua SKPD itu sekitar 79 persen lebih kami harap pada tahun yang akan datang dengan adanya evaluasi dari pemerintah daerah persentase capaiannya bisa terus meningkat," katanya.

Legislator dari Partai Golkar itu menambahkan, belum maksimalnya pencapaian hasil kinerja SKPD dalam melakukan penyerapan anggaran karena tahun 2014 pemerintah kabupaten Kubu Raya sedang dalam masa transisi.

"Kami berharap catatan atau rekomendasi dari kami ini bisa memotivasi setiap SKPD termasuk pemerintah Kabupaten Kubu Raya secara keseluruhan untuk meningkatkan kualitas kinerjanya tahun yang akan datang," kata Suprapto.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015