Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 14 Dekranasda kabupaten/kota yang ada di Kalbar mengikuti pameran produk unggulan pada peringatan Ulang Tahun Dekranas ke-35 di Jakarta.

"Semua Dekranasda yang ada di Kabupaten/kota termasuk Dekranasda Kalbar ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional ke-35 yang mengagendakan Musyawarah Nasional dan Pameran Produk Unggulan, Melalui perajin binaan Dekranasda Kabupaten dan Kota produk unggulan hadir di gedung Smesco Jakarta," kata Ketua Dekranasda Kalimantan Barat, Frederika Cornelis, di Jakarta, Kamis.

Pada pameran tersebut, Frederika mengaku takjub melihat animo pengunjung. Minat pengunjung pameran sangat tinggi terhadap kerajinan tangan masyarakat Kalbar.

"Hal ini terlihat sebelum dan sesudah pembukaan pameran produk yang dibawa diburu para pengunjung," tuturnya.

Dia menjelaskan, pada pameran dalam rangka HUT ke-35 itu dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla yang berlangsung selama tiga hari (3-5 Juni 2015) dengan jumlah stand 116.

Selain pameran HUT Dekranas ke-35 itu juga mengagendakan Musyawarah Nasional yang akan diikuti sedikitnya 650 peserta dari seluruh pengurus Dekranas Provinsi dan Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Panitia HUT ke-35 Dekranas, Bintang Puspayoga yang juga isteri dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mengatakan musyawarah nasional kali ini untuk menyempurnakan aturan dan program organisasi selama lima tahun.

"Munas ini juga diikuti sekitar 650 orang. Sejumlah rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-35 Dekranas telah dilaksanakan, antara lain menjual sembako murah, pelayanan keluarga berencana, pelayanan kesehatan umum, serta operasi minor secara gratis di permukiman nelayan Muara Angke Jakarta Utara," katanya.

Sementara itu Yuline Marhaeni salah seorang pengurus Dekranasda Kalbar pada kesempatan tersebut mengagumi sejumlah produk kerajinan Kalbar yang ditampilkan.

"Kerajinan dari Kalbar semakin bagus seperti kain tenun dan anyaman khas, untuk itu perlu terus dikembangkan. Oleh karena itu kami pengurus Dekranasda Kalbar di bawah kepemimpinan Frederika bertekad dan terus berupaya memberikan bantuan (support) untuk kemajuan kerajinan Kalbar, membuat semakin bermutu dan berdaya saing, Jayalah Perajin Indonesia," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015