Sanggau (Antara Kalbar) - Keluhan masyarakat Kalbar terutama yang menggunakan ruas jalan antara Simpang Ampar Tayan hingga Kota Sanggau karena buruknya kondisi jalan bakal segera berakhir.
    Gubernur Kalbar Cornelis secara resmi meluncurkan proyek peningkatan ruas jalan sepanjang 78,9 kilometer itu yang sumber dananya dari ADB senilai Rp548 miliar.
    Menurut Cornelis, ruas jalan Sosok-Tayan dan Tanjung-Sanggau, merupakan jalan nasional yang sangat strategis, untuk mendukung kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan hankam.
    Namun akibat umur pelayanan yang sudah melebihi umur rencana yaitu sepuluh tahun dan program penanganan sesuai keperluan tehnis tidak bisa dilaksanakan, maka kondisi jalan ini semakin rusak parah.
    Cornelis juga menegaskan, peningkatan kualitas jalan dapat berdampak pada kehidupan masyarakat, khususnya perbaikan sektor ekonomi.
    Ia melanjutkan, jika jalan sudah bagus, maka masyarakat bisa dengan mudah melakukan kegiatannya. "Apalagi jalur ini bisa menembus langsung ke Malaysia dan Kalimantan lainnya," ujar dia.
    Ia berharap masyarakat di sekitar lokasi pembangunan jalan tidak melakukan aksi anarkis, misalnya menyandera alat berat, saat ada masalah yang belum diselesaikan dengan kontraktor.
    Pada kesempatan peluncuran proyek di Sanggau pada Senin (22/6) itu, ia sempat mengungkapkan banyak mendapatkan kritikan dan tudingan yang tak mengenakan dan bahkan menyerang pribadinya.
    Hanya saja, kata Cornelis, dirinya tak mau meladeni media-media yang memberitakan miring itu meski sebenarnya bisa saja melaporkan adanya pelanggaran kode etik.
    "Saya minta koran-koran pun harus membuat pemberitaan yang mendidik. Jangan menghakimi dan asal tuding saja," ujar dia.
    Ia juga meminta anggota DPRD Kabupaten Sanggau untuk memahami aturan sesuai kewenangan masing-masing. "Anggota DPRD Sanggau yang terhormat juga demikian, jangan asal ngomong. Pahami aturan baru ngomong," ujarnya.
    Hadir saat itu, Wakapolda Kalbar Kombes (Pol) Joko Iriyanto, Bupati Sanggau Paolus Hadi S Ip, M Si, Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot M Si, unsur Forkompimda Sanggau, Kadis PU Kalbar dan berbagai unsur lainnya.
    Launching ini ditandai dengan pemecahan kendi di alat berat, sebagai penanda dimulainya pengerjaan peningkatan ruas jalan negara Tayan-Sanggau.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015