Sekadau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Wakil Bupati Rupinus menyerahkan bantuan kepada kepada korban bencana banjir, kebakaran dan pengurus masjid Jami’ Al-Baiturahman Sekadau Hilir.
    
Penyerahan secara simbolis ini disaksikan unsur forkompinda dan tamu undangan yang hadir dalam kegiatan safari Ramadhan Pemkab Sekadau di Kecamatan Sekadau Hilir, Jumat (26/6) sore.
   
"Jangan dilihat atau dinilai dari apa dan jumlah yang kami berikan, tapi makna dari bantuan ini untuk tali silaturahmi pemerintah dengan masyarakat, terutama para korban musibah baik banjir maupun kebakaran di wilayah Sekadau hilir," ujar Rupinus dalam sambutannya pada kegiatan itu.
   
Selain itu, bantuan lain berupa keperluan masjid seperti pengeras suara, sajadah dan alat kelengkapan ibadah juga diserahkan kepada pengurus masjid. Dikatakan Wabup, bantuan itu sebagai bentuk motivasi Pemerintah Daerah kepada umat agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.
    
Dalam kesempatan itu Wabup juga mengingatkan agar masyarakat mewaspadai bahaya kebakaran mengingat cuaca akhir-akhir ini cenderung panas dan kering.
    
"Dalam satu minggu terakhir cuaca panas, hujan tidak seberapa, jadi harus waspada dengan api. Bila ada musibah segera hubungi perangkat desa untuk segera dilaporkan kepada kecamatan untuk segera di laporkan ke BPBD Kabupaten," imbau Rupinus.
   
Berkenaan dengan safari Ramadhan, alumni Fakultas Hukum Untan ini  mengatakan, bertujuan menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat serta memotivasi umat Muslim untuk melaksanakan ibadah puasa dan meningkatkan toleransi.
    
"Toleransi antarumat beragama dengan pemerintah dan masyarakat lain harus kita tingkatkan terus," harap Rupinus.
    
Ditempat yang sama, Camat Sekadau Hilir Hermanto juga menerangkan tujuan dari safari Ramadhan adalah bentuk pendekatan pemerintah kepada masyarakat. Karena momennya dalam bulan Ramadhan, maka pendekatan dirangkai dalam acara safari.
    
"Safari Ramadhan bukan hal baru dengan tujuan pendekatan diri pemerintah kepada masyarakat. Safari Ramadhan juga dilakukan Muspika ke desa-desa di wilayah Kecamatan Sekadau Hilir," katanya.
    
Sementara itu, M Taufiq, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau dalam tausiahnya mengingatkan umat Islam untuk menjaga kerukunan dan persatuan, apalagi saat ini sedang berada di tengah-tengah situasi politik menjelang pemilukada.
    
"Harus bersatu dan selalu menjaga kerukunan," ajak Taufik.

Pewarta: Hartono – Humas Pemkab Sekadau

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015