Singkawang (Antara Kalbar) - Sempat dicemooh karena tempat yang ia pilih jauh dari lintasan kendaraan serta sangat minim penerangan sehingga terkesan seram, namun Heny Suryani tetap yakin akan instingnya tentang bukit mas yang terletak di Kota Singkawang.
    
Terbukti, pilihannya itu kini menjadi salah satu tujuan wisatawan ke Kota Singkawang. Baik yang ingin menikmati suasana perbukitan dengan pemandangan yang mempesona, atau merasakan kuliner yang disajikan didukung keindahan tadi.
    
"Lukisan yang diciptakan Allah itu sangat luar biasa. Dan ini saya menilainya, suatu anugerah yang tak ternilai, bahkan saya sampai menangis, karena bisa mendapatkan tempat ini," ungkapnya.      
    
Ia memberi nama tempat usahanya itu Restoran Villa Bukit Mas Singkawang. Tepatnya di Jl A Yani Batu Mas, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat itu. Dengan nuansa pemandangan yang sangat indah, dia berpendapat akan bisa melapangkan pikiran semua orang.
    
"Saya tetap jalan. Dan Alhamdulillah, begitu restoran berdiri, ternyata antusias pengunjung sangat luar biasa, sehingga usaha yang saya kelola bisa sebesar ini," ungkapnya.
    
Kesuksesan usaha yang dikelola Heny pun, tak luput dari keterlibatan dirinya. Dan bahkan saking ramainya pengunjung, dirinya pernah tidak makan seharian. "Karyawan dulu baru enam orang, sampai-sampai saya juga ikut masak, mengantar makanan, cuci piring bekas orang makan, kasir, dan lain-lain. Jadi wajar, kalau saya tidak sempat makan," kisahnya.
    
Dan sekarang, Heny baru bisa merasakan bagaimana menjadi bos benaran, lantaran usaha yang dilakoninya sudah semakin berkembang dan mampu membayar upah tenaga kerja sebanyak 45 karyawan khusus di Singkawang dan 27 karyawan khusus di Pontianak.
     
Meski sejumlah fasilitas mulai dari hiburan, kolam renang sampai ke tempat penginapan sudah tersedia di lingkungan Restoran Villa Bukit Mas, namun hal tersebut masih belum membuat Heny merasa puas. Bahkan dalam waktu dekat, dirinya juga akan membuat fasilitas tambahan, salah satunya membuat kolam arus panjang, yang mana saat ini sudah ada didalam pikirannya.
    
Tujuannya, kata Heny, disamping untuk mengembangkan usaha, juga menjadikan Kota Singkawang sebagai kota unggulan pariwisata. "Karena setiap liburan maupun hari-hari besar keagamaan, obyek wisata yang ada di Singkawang selalu menjadi tujuan wisatawan," ujar Heny.
    
Usaha rumah makan yang dikelolanya sejak tujuh tahun silam itu, sekarang ini sudah berkembang sampai di Kota Pontianak, tepatnya di Siantan dan Kabupaten Mempawah yang dinamakan Restoran Galaherang.
    
"Restoran Galaherang ini merupakan tempat persinggahan wisatawan lokal dari Pontianak-Singkawang dan sebaliknya. Disamping itu, Galaherang juga merupakan perkumpulan adik beradik yang mana kesemuanya memang sebagai pelaku usaha restoran," ujar Heny.


Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015