Sekadau ( Antara Kalbar )  - Wakil Bupati Sekadau, Rupinus menyatakan tidak masalah jika ada orang luar daerah tersebut ditempatkan sebagai pegawai negeri sipil, namun harus bekerja dengan sepenuh hati.

Sebanyak 116 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau formasi 2014, Senin, berkumpul di aula lantai II kantor Bupati Sekadau.

Wajah berseri-seri tampak diraut para abdi negara itu. Kebahagian tersebut semoga berlanjut hingga ditempat tugas, mengingat Surat Keputusan dari Bupati Sekadau untuk pelaksanaan dan penempatan tugas. Segera diterima oleh mereka yang diserahkan langsung oleh wakil bupati Sekadau, Rupinus.

Para CPNS ini akan bertugas di instansi berbeda dan menyebar di 7 kecamatan. Mayoritas diantara mereka adalah tenaga fungsional seperti guru dan tenaga kesehatan.

"Tak ada masalah orang luar kerja disini. Tapi ingat, tadi itu harus bekerja dengan sepenuh hati ditempat yang ditugaskan. Harus mau ditempatkan sesuai formasi yang didaftar," kata Wakil Bupati Sekadau, Rupinus.

Adapun para PNS tersebut, terdiri dari tenaga guru berjumlah 47 orang, tenaga kesehatan 31 orang, dan tenaga teknis 38 orang. Walaupun tenaga guru dan kesehatan selalu mendominasi tiap penerimaan CPNS, namun tetap saja Kabupaten Sekadau masih kekurangan tenaga guru dan medis karena jumlah yang pensiuan pada tahun yang sama pun tak sedikit.

"Kita masih memerlukan banyak tenaga guru dan tenaga kesehatan. Setiap tahun tetap kita lakukan penerimaan walaupun hanya sedikit-sedikit saja, tqpi kita juga akan terus berupaya untuk mengusulkan penambahan formasi yang masih dirasakan kurang, tapi kan yang memutuskan pusat," katanya.

Untuk formasi 2014, mayoritas CPNS berasal dari luar wilayah Sekadau dengan rasio 60 persen berbanding 40 persen asal Sekadau. Karenanya, pihaknya meminta dengan tegas mengingatkan kepada setiap CPNS untuk mengedepankan kedisiplinan, dan juga mengabdikan diri sepenuhnya kepada masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Yohanes Jhon juga menegaskaan agar para CPNS harus dapat mengabdi kepada negara tanpa banyak mengeluh. Kalian sudah lulus dalam seleksi menjadi PNS. Tapi ingat, kalian belum lulus dalam ujian mental.

"Apabila sudah betah bekerja dan juga betah di daerah pentetapan sekalipun di pelosok, baru lulus uji mental. Sebagai anggota Korpri kita wajib mengabdi kepada negara, bertanggung jawab, disiplin harus ditegakkan, dan kemudian peka terhadap pengetahuan. Tak hanya disiplin dan menguatkan etos kerja, para pegawai juga diingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran. Terimalah dimana kalian ditempatkan. Jangan kecewakan pemerintah, jangan kecewakan Sekadau," tutup Sekda.

(Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015