Sekadau (Antara Kalbar ) - Steigher penyeberangan Sekadau-Seberang Kapuas tiba-tiba ramai, Rabu (1/7) sore, karena berkumpul puluhan polisi berseragam lengkap serta mengenakan kopiah guna berbuka puasa bersama para tukang ojek.

Juga ada unsur tokoh masyarakat, tukang ojek, juru parkir serta tukang tambang penyeberangan Sekadau-Seberang Kapuas. Orang-orang ini duduk bersama tanpa jarak dan saling bertegur sapa. Terlihat suasana keakraban antara satu sama lain.

"Kalau di kantor sudah biasa. Disini kan strategis dan beda. Sekaligus mendekatkan polisi dengan masyarakat dan sosialisasi Kamtibmas," tutur Kapolres Sekadau AKBP Muslikhun di sela buka bersama.

Di sebuah karpet, terhidang aneka jenis kue dan minuman segar khas Ramadan. Sore itu, ada agenda buka puasa bersama yang diinisiasi oleh Polres Sekadau bertepatan dengan HUT Polri ke-69. Saat sirene tanda buka puasa berbunyi, ucapan doa pun mengalir.

Pos milik Dishub Sekadau yang berposisi tepat di atas dermaga penyeberangan sengaja dipilih sebagai lokasi buka bersama karena letaknya yang strategis. Di pos ini pula, buka puasa dan shalat magrib bersama dilaksanakan. Pemandangan matahari tenggelam menjadi pembeda suasana sore kemarin. Tak hanya buka puasa dan shalat magrib berjamaah, momen itu juga diisi dengan siraman rohani oleh ustadz Nasrullah.

"Kemitraan antara polisi dan masyarakat sangat perlu dipererat. Karena, tugas polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban tak dapat terlepas dari peran masyarakat, khususnya dalam hal informasi," papar pria dengan dua melati dipundaknya.

Dia melanjutkan, masyarakat jangan segan-segan memberikan informasi tentang tindak kriminal kepada pihak kepolisian. Tanpa informasi dari masyarakat, polisi juga akan kesulitan dalam memberantas kejahatan.

"Kita berharap masyarakat dapat bersama-sama menjaga Kamtibmas. Apabila ada yang melihat, mendengar adanya tindakan kriminal, segera lapor kepada petugas yang terdekat. Karena informasi sekecil apapun dari masyarakat sangat berguna bagi kami," katanya berpesan.

(Gansi/N005)









Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015