Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendapatkan penilaian atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan keuangan daerah tahun anggaran 2014 yang dilakukan oleh BPK RI.

"Kami sangat bersyukur karena dari hasil audit pemeriksaan keuangan daerah yang dilakukan oleh BPK RI untuk tahun anggaran 2014 tidak ada disclaimer. Bahkan kami bisa mendapatkan penilaian WTP dan ini jelas menjadi kebanggaan bagi kita," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, Sabtu.

Dia menjelaskan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua dinas dan instansi yang ada di lingkungan Pemkab Kubu Raya. Untuk itu, dirinya menyatakan terima kasih atas kerja keras tersebut kepada semua dinas yang ada.

Rusman Ali menjelaskan, mulai tahun ini, seluruh dinas dan instansi pemerintah yang ada di kabupaten itu sudah mulai menerapkan laporan keuangan berbasis akrual, sehingga dari beberapa catatan yang diberikan BPK akan bisa lebih mudah dalam perbaikannya.

Diungkapkannya, dalam menerapkan laporan keuangan berbasis akrual, pihaknya tidak terlepas dari supervisi dan arahan-arahan dari jajaran auditor BPK untuk penerapan laporan keuangan berbasis akrual.

"Karena itu, kami juga sangat berterima kasih kepada BPK, karena kami terus diberikan supervisi dan arahan-arahan untuk penerapan laporan keuangan berbasis akrual," kata Rusman Ali.

Terpisah, Kepala Inspektorat Kabupaten Kubu Raya, Damhuri menyatakan sejak tahun 2014, pihaknya telah melakukan pengawasan yang lebih optimal pada instansi terkait untuk mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tersebut.

Ia menjelaskan, meski sudah mendapatkan predikat WTP dari BPK, namun pengawasan internal akan tetap terus dilakukan pihaknya, terutama pada objek-objek yang telah dilaksanakan masing-masing SKPD yang ada di Kubu Raya untuk meningkatkan pelayanan publik ke depan.

"Ketika pengawasan kepada pihak-pihak penyelenggara pemerintah terus kita lakukan dengan intens, pastinya akan memperkecil ruang gerak terhadap tindak penyimpangan yang tidak kita inginkan bersama seperti korupsi. Kita berharap predikat yang saat ini disandang Kabupaten Kubu Raya dapat meningkat pada saat kepemimpinan Bupati yang sekarang," katanya. 

(KR-RDO/T007)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015