Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengundang 1.000 anak yatim piatu yang ada di kabupaten itu untuk menghadiri kegiatan buka puasa bersama jajaran SKPD Kubu Raya, yang dilaksanakan di kediamannya.

"Hari ini kita sengaja mengundang anak-anak yatim yang ada di Kubu Raya untuk kegiatan buka puasa bersama. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu saya lakukan, namun sejak tahun lalu setelah menjabat sebagai Bupati Kubu Raya, kegiatan ini tetap saya laksanakan," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, sejak saat menjabat sebagai anggota DPR RI dia kerap menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan anak yatim. Hanya saja, pada tahun ini, dia mengajak seluruh SKPD yang ada pada pemerintahannya untuk bersama-sama menggelar kegiatan itu.

"Tahun ini, saya wajibkan setiap SKPD membawa paling sedikit 15 anak yatim sekaligus diberikan pakaian baru dan kita kumpulkan bersama di kediaman saya untuk melaksanakan buka puas bersama. Jadi, setiap SKPD ada yang membawa 20 orang, 30, bahkan sampai 50 orang anak yatim," tuturnya.

Rusman Ali mengatakan, di Kubu Raya ada 38 SKPD, namun dia juga secara pribadi mengundang, sehingga jumlah keseluruhan undangan yang ada hampir mencapai 1.000 orang anak yatim.

"Bulan Ramadhan ini merupakan saat yang tepat untuk saling berbagi antara sesama, terlebih kepada anak yatim yang memang memerlukan perhatian besar dari semua pihak. Dalam kesempatan ini , saya mengajak seluruh masyarakat Kubu Raya yang berkelebihan agar bisa saling berbagi dengan sesama, dengan menyisihkan rezekinya untuk saudara kita yang berhak menerimanya," katanya.

Mantan Anggota DPR RI itu menambahkan, Islam telah mendorong pemeluknya agar memiliki akhlak mulia. Salah satu akhlak mulia itu adalah menyantuni anak yatim.

Menurutnya, anak yatim adalah manusia yang paling membutuhkan pertolongan dan kasih sayang. Karena ia adalah anak yang kehilangan ayahnya pada saat ia sangat membutuhkannya.

"Ia membutuhkan pertolongan dan kasih sayang kita, karena ia tidak mungkin mendapatkan kasih sayang ayahnya yang telah tiada. Jika anda melihat seseorang yang penyayang kepada anak-anak yatim dan menyantuni mereka, maka ketahuilah bahwa ia adalah seorang yang berbudi dan berakhlak mulia," kata Rusman Ali.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015