Pontianak  (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya melantik 59 pejabat eselon II hingga IV di jajaran pemerintahannya sebagai upaya reposisi pegawai untuk menyegarkan struktur pada SKPD.

"Ke-59 pejabat eselon yang kita lantik hari ini terdiri atas satu orang pejabat Eselon II yaitu Kepala Dinas Perkebunan Kalbat, 11 pejabat Eselon III dan 47 orang pejabat eselon IV," kata Christiandy, di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan, reposisi pegawai dalam kebijakan mutasi dan promosi hendaknya dapat dipahami sebagai sebuah dinamika organisasi, yaitu merupakan suatu proses yang harus diselenggarakan secara terus- menerus.

Karena adanya serangkaian perubahan dalam lingkungan organisasi itu sendiri, baik yang disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal, katanya.

Pelaksanaan reposisi itu merupakan upaya untuk terus meningkatkan efektifitas organisasi dan diharapkan akan bermuara pada peningkatan pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat. Dengan demikian, maka mutasi yang menyertai pelaksanaan reorganisasi ini akan memberikan manfaat bagi pegawai dan masyarakat.

Christiandy juga mengatakan, melalui mutasi, para pegawai memperoleh kesempatan untuk melakukan aktualisasi diri dengan mengusahakan peningkatan prestasi yang optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Dikatakannya pula, konsekuensi dari dilaksanakannya mutasi itu adalah untuk mengimbangi jabatan baru dengan peningkatan prestasi, dan bila hal ini dapat terwujud, diyakini bahwa peningkatan para pegawai akan semakin memantapkan kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan operasionalnya.

"Saya mengingatkan kepada para pejabat yang dilantik untuk terus meningkatkan dan mengembangkan semua kondisi yang memungkinkan terciptanya pelaksanaan pengawasan. Baik berkenaan dengan penataan prosedur dan sistem kerja maupun yang menyangkut pembinaan motivasi dan prestasi pegawai," katanya.

Melalui peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil yang menjabat Pimpinan Tinggi Pratama, administrator dan Pengawas, diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah.

Dengan kepercayaan yang diberikan tentunya kita dapat merangkul masyarakat untuk secara bersama-sama menyukseskan program pembangunan yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan itu dia juga berpesan kepada pejabat yang dilantik, agar sesegera mungkin dapat menyesuaikan diri dengan jabatan dan lingkungan kerja sesuai dengan tupoksi yang ada.

"Atas prestasi kerja yang telah diraih hendaknya dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan, karena tugas yang dilaksanakan tidak hanya sekedar tugas rutin, tapi hendaknya melakukan pekerjaan dengan `passion` dan kesadaran, bahwa hasil kerja tersebut akan mempengaruhi hasil penyelenggaraan pemerintah secara menyeluruh dan berdampak pada kehidupan mesyarakat luas," kata Christiandy.

(U.KR-RDO/J003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015