Sungai Raya (Antara Kalbar) - Plt Sekretaris Daerah Kubu Raya, Nursyam Ibrahim mengatakan pihaknya mengupayakan kelancaran arus transportasi kebutuhan sembako untuk sembilan kecamatan setempat, sebagai langkah antisipasi kenaikan harga menjelang Lebaran.

"Kita telah mempercayakan kelancaran arus distribusi barang kebutuhan pokok kepada Dinas Perhubungan Kubu Raya. Sudah kami instruksikan Dinas Perhubungan agar berperan aktif untuk membantu lancarnya arus distribusi barang termasuk logistik dan sejenisnya yang akan masuk ke Kubu Raya," kata Nursyam di Pontianak, Selasa.

Dengan kelancaran arus distribusi barang tersebut, dia berharap semua kebutuhan terutama kebutuhan pokok selalu terjaga hingga puncak perayaan Lebaran 1436 Hijriah.

Sementara itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi melonjaknya harga barang terutama kebutuhan pokok jelang Lebaran, saat ini pihaknya sudah membentuk tim yang bertugas memantau ketersediaan termasuk harga barang di Kubu Raya.

"Kami sudah ada tim yang kami bentuk bersama Disperindag yang akan terus memantau ketersediaan dan harga barang di Kubu Raya," tuturnya.

Tidak hanya sekadar memantau ketersediaan dan harga barang, tim tersebut kata dia juga bertugas untuk mengawasi adanya potensi penimbunan barang yang dilakukan oknum tertentu yang memanfaatkan kian tingginya kebutuhan masyarakat jelang Lebaran.

"Jadi kalau memang di lapangan kami temukan ada oknum pedagang yang melakukan penimbunan barang akan segera kami tindak tegas," kata Nursyam.

Disinggung soal THR karyawan di Kubu Raya, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kubu Raya itu mengimbau setiap perusahaan di Kubu Raya agar setidaknya bisa segera membayarkan Tunjangan Hari Raya bagi para karyawannya.

"Maksimal satu minggu sebelum Lebaran, THR sudah bisa dibagikan sehingga diharapkan para karyawan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan keperluan untuk Lebaran," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015