Jakarta (Antara Kalbar) - Samsung dikabarkan tengah mengembangkan layar ponsel beresolusi 11K atau 2250ppi.

Phone Arena melaporkan perusahaan asal Korea Selatan itu saat ini berada dalam proyek selama 5 tahun dengan investasi 26,5 juta dolar.

Sebanyak 13 perusahaan dalam dan luar negeri ginseng tersebut terlibat dalam pengembangan teknologi yang telah dikembangkan sejak 1 Juni lalu.

Proyek tersebut diberi nama EnDK. Prototipe EnDK diharapkan akan dapat dipresentasikan kepada publik pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, pada 2018.

Saat ini layar smartphone memiliki resolusi tertinggi 576ppi atau sering disebut dengan layar Quad-HD, sehingga layar dengan kepadatan piksel 2.250ppi tersebut memiliki perbandingan kurang lebih empat kali dari Quad-HD.

Dengan piksel sebanyak itu, Samsung berencana untuk menerapkan efek 3D. Layar beresolusi tinggi tersebut diharapkan mampu mensimulasikan efek layar 3D melalui beberapa jenis ilusi optik.

Resolusi layar 11K dijadwalkan akan mulai hadir di smartphone paling cepat pada 2019. Tidak hanya itu, menurut Samsung Display Executive Chu Hye-Yong, 11K hanyalah dasar bagi industri layar untuk mengembangkan teknologi lain.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015