Sungai Raya (Antara Kalbar) - Direktur PDAM Tirta Raya, Kabupaten Kubu Raya, Uray Wisata mengatakan pihaknya saat ini sedang membangun Instalasi Pengelolaan Air di Desa Arang Limbung yang bersumber dari bantuan dana APBN 2015.

"Ditargetkan akhir tahun 2015 ini, pembangunannya sudah selesai dan segera dioperasikan. IPAL itu nanti akan kita gunakan untuk memperlancar pendistribusian air di beberapa daerah Sungai Raya, seperti di Serdam, dan sekitarnya," kata Uray Wisata di Sungai Raya, Jumat.

Dia menambahkan, dengan adanya penambahan kapasitas IPAL tersebut dipastikan kedepan PDAM Kubu Raya bisa melayani 1.000 sampai 2.000 pelanggan baru.

Uray menjelaskan, untuk kapasitas pengolahan air bersih di Desa Arang Limbung saat ini hanya bisa menghasilkan air 80 liter per detik. Namun, dengan ditingkatkannya peralatan yang ada, nantinya boster tersebut bisa menjadi 120 liter per detik.

"Kita harapkan dengan adanya peningkatan produksi air bersih ini, bisa sedikit membantu kelancaran pendistribusian air bersih kepada para pelanggan," tuturnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Suharso mengatakan pihaknya telah mengetahui pendistribusian air bersih sampai saat ini masih terhambat karena keterbatasan booster yang tidak memadai.

"Untuk melayani kebutuhan air bersih, booster yang ada tidak memadai. Ini yang kami ketahui menjadi salah satu penghambat proses penyaluran air bersih di Kubu Raya," kata Suharso.

Dia mengungkapkan, sebenarnya Komisi III DPRD Kubu Raya juga cukup gerah karena pelayanan air bersih oleh PDAM masih kurang baik dan terkadang air tidak mengalir. Makanya pihak Komisi III DPRD melakukan inspeksi mendadak ke PDAM untuk mengetahui penyebabnya.

"Tapi setelah kami mendatangi PDAM Kubu Raya, ternyata kendalanya memang pada peralatan pendukung yang masih kurang. Dan ini tentu menjadi kendala utama dalam penyaluran air bersih," ujarnya. ***4***



(U.KR-RDO/F003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015