Putussibau (Antara Kalbar) - Ketua Umum Panitia Peringatan HUT ke-70 RI di Kabupaten Kapuas Hulu, Frans Leonardus SH MM memastikan kesiapan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang telah dibina pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)setempat, bersama jajaran TNI-Polri.
    
"Persiapan telah dilakukan selama berminggu-minggu. Pelajar terpilih ini dari sekolah-sekolah se Kapuas Hulu. Mereka menjadi Paskibra rela meninggalkan pelajaran. Ini pengorbanan yang patut diapresiasi," ujarnya ketika memberi arahan untuk seluruh Paskibra yang sedang berlatih di Halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Putussibau.
     
 Leonardus menambahkan, pelajar yang ditunjuk menjadi Paskibra pada peringatan HUT kemerdekaan RI 17 Agustus ini adalah kepercayaan sekolah. "Semuanya adalah siswa terbaik. Secara postur semua sudah tegap dan layak mendapat pendidikan semi militer," ujarnya.
      
Mengingat pelaksanaan HUT RI tinggal beberapa hari lagi, Leonardus berharap seluruh anggota Paskibra menjaga kesehatan dan kebuharan tubuh masing-masing. "Namun kesehatan harus tetap jadi perhatian. karena beberapa hari lagi akan melaksanakan tugas yang tidak semua orang mendapat kesempatan itu," pesan pria yang juga menjabat Asisten I Setda Kapuas Hulu ini
       
Menurut Leonardus, sebagai Paskibra harus siap mental dan fisik. Sehingga ketika hari pelaksanaannya pengibaran bendera semua berjalan dengan baik. "Peryaan HUT RI adalah sakral, harus dengan ketulusan dan ekstra hati-hati. Jadi Paskibra ini harus latihan dengan sungguh-sungguh. Demikian pulu persiapan dari panitia terhadap item-item upacara perlu dilakukan ekstra teliti," tegasnya.
     
Di tempat sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menambahkan, dengan keuletan pelatihan, memperhatikan instruksi, disiplin dan menjaga kesehatan, pelaksanaan tugas Paskibra Kapuas Hulu pada peringatan HUT RI ke 70 pasti berlangsung sesuai harapan.
   
Menurut Petrus, banyak hal yang positif dalam persiapan Paskibra sambut HUT RI kali ini. Sebab mendapatkan pembinaan sosial, politik dan wawasan kebangsaan dari aparat penegak hukum seperti TNI-Polri. "Syukurnya sejauh ini pembinaan tidak ada masalah, karena dukungan Kodim, Polres dan Alumni Pakibraka," kata dia.
       
Harapannya kata Petrus, personil Paskibra yang sudah dilatih ini dapat mempersiapkan diri dengan baik hingga hari H nanti. Bahkan personil Paskibra yang telah dilatih di tingkat kabupaten ini bisa melanjutkan pembinaan Paskibra ditingkat desa dan kecamatan. "Sehingga dalam peringatan upacara ditingkat kecamatan, Paskibra yang mengginggiring pengibaran merah putih menjadi piawai. Dari pendidikan ini, lakukan pelatihan di kecamatan. Adik-adik sekalian yang jadi Paskibra saat ini, nanti jadi pelatih disana," harap Petrus Kusnadi.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015