Pontianak  (Antara Kalbar) - Sebanyak 4000 orang telah didaftarkan hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan pada Karnaval Khatulistiwa yang dijdawlkan dibuka Presiden Jokowi di Pontianak, Sabtu(22/8).

"Peserta Karnaval Khatulistiwa tidak hanya berasal dari wilayah Kalbar, namun akan ada 24 provinsi yang dipastikan ikut sehingga total peserta 4000 lebih dan 1482 orang dari luar Kalbar," kata Gubernur Kalbar, Cornelis di Pontianak, Jumat.

Untuk kegiatan Karnaval Khatulistiwa itu nantinya akan dibagi menjadi dua bagian, di mana akan ada karnaval darat dan laut. Untuk karnaval Darat, akan menampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki yang menggunakan baju adat.

Parade kendaraan hias terdiri atas lima mobil VVIP, 16 mobil hias dari Kalbar, 16 mobil hias dari provinsi lain, 100 sepeda ontel dan 50 motor besar.

Jumlah peserta karnaval darat dari Kalbar berjumlah 1040 orang dan dari provinsi lain 1400 orang. Ada juga 700 pelajar pejalan kaki, 980 orang penari serta melibatkan sejumlah marching band (550 oarng korps Band Akpol danmarching band dari sekolah-sekolah terpilih).

"Presiden Jokowi ikut dalam rombongan karnaval darat dengan menggunakan kostum adat. Karnaval darat akan dimulai pukul 14.00d dari rumah adat Radank hingga alun-alun Kapuas," tuturnya.

Usai Karnaval Darat, kegiatan akan dilanjutkan dengan karnaval air dengan menyusuri sungai Kapuas besar menggunakan perahu tradisional yang dihias. Lebih dari 300kapal ikut dalam karnaval air dengan jumlah peserta dari 2000 orang.

"Karnaval Air juga diikuti oleh peserta luar negeri seperti dari Serawak. Konvoi perahu hias akan dilepas oleh presiden Jokowi dengan menyalakan meriam karbit dari anjungan depan masjid Jami Sultan Syarif Abdurahman, dimana jkarnaval itu akan dibuka dengan ditandai dengan ledakan 70 meriam karbit," katanya.

Cornelis menambahkan, Rangkaian kegiatan Karnaval Khatulistiwa akan ditutup dengan panggung hiburan rakyat pada malam hari yang menampilkan artis dan musisi antara lain, Saykoji, Slank, Marcello, Tahitoe dan artis lokal Fery Sape.

"Karnaval Khatulistiwa di Pontianak menjadi puncak dari serangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-70 yang diinisiasi oleh pemeirntah pusat bekerjasama dengan pemda Kalbar dan beberapa BUMN," kata Cornelis.

(U.KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015