Sungai Raya (Antara Kalbar) - General Manajer PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Udara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan bandara yang dipimpinnya untuk menyambut masuknya maskapai penerbangan Citilink.

"Kita saat ini sedang berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk mempersiapkan masuknya maskapai penerbangan Citilink di bandara Supadio, yang akan membuka rute penerbangan Pontianak-Singapura secara langsung," kata Bayuh di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan area parkir untuk pesawat Citilink berikut slot terminal kedatangan dan keberangkatan untuk pengguna jasa penerbangan yang akan menggunakan maskapai tersebut.

"Yang jelas ini akan kita persiapkan sebaik mungkin, agar ketika penerbangan perdana yang akan dilakukan pada awal September nanti bisa berjalan lancar," tuturnya.

Meski sudah mempersiapkan berbagai hal untuk masuknya pesawat tersebut, namun Bayuh mengaku belum mengetahui berapa slot penerbangan dan harga tiket yang akan pasang oleh maskapai itu.

"Yang jelas ini masih terus kita bicarakan dengan pihak maskapai, karena nanti mereka yang akan mengajukannya kepada kita. Kami dari PT. Angkasa Pura tentu akan menyesuaikan slot penerbangan yang akan mereka ajukan," katanya.

Sebelumnya, Dirut PT. Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan mendorong maskapai penerbangan dalam dan luar negeri untuk membuka rute dari Pontianak menuju Singapura dan negara lainnya.

"Saat ini penerbangan menuju Singapura masih belum ada, padahal Bandara Supadio sangat berpotensi untuk ke arah itu," kata Budi saat berkunjung ke Pontianak belum lama ini.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan beberapa maskapai penerbangan baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri untuk membuka rute baru di bandara itu.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan memberikan insentif pendaratan bebas kepada pesawat yang membawa turis ke Pontianak. Bahkan secara progresif pihaknya memberikan bonus PRC kepada maskapai, sehingga mereka bisa memberikan tiket ekonomis kepada turis yang akan datang ke Pontianak.

"Oleh karena itu, saya meminta kepada GM yang ada disini agar tidak hanya berfungsi sebagai operator bandara, tetapi juga harus peka untuk menangkap berbagai peluang wisata yang ada di Pontianak dan sekitarnya," tuturnya.

(KR-RDO/B008)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015