Pontianak (Antara Kalbar) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak akan menggelar pawai akbar keliling Pontianak, Rabu (14/10), dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1437 Hijriah.

"Start pawai akbar dimulai pukul 07.00 WIB dan akan dilepas oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji," kata Ketua Harian PHBI Kota Pontianak Aswani Samhudi di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, pawai dimulai dari halaman depan Kantor Wali Kota. Selama pelaksanaan pawai, Jalan Rahadi Usman mulai dari bundaran depan Kantor Pos lama hingga bundaran depan Bank BNI ditutup sementara untuk umum.

Menurut dia, ada dua kategori peserta pawai akbar dalam memeriahkan Tahun Baru Islam tahun ini, yakni pawai jalan kaki dan kendaraan hias. Jumlah peserta pawai akbar Tahun Baru Islam pada tahun ini terjadi peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

"Pawai akbar tahun ini diperkirakan akan diikuti sekitar 5.000 orang peserta pawai jalan kaki, dan 40 peserta kendaraan hias," kata dia.

Peserta berasal dari pelajar SMP/Tsanawiyah, SMA/Madrasah Aliyah, majelis taklim, pondok pesantren, masjid-masjid se-Kota Pontianak, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BUMD/BUMN, instansi dan lembaga lainnya yang ada di Kota Pontianak.

Untuk penilaian lomba pawai kendaraan hias terdiri dari dua kategori yakni SKPD, instansi/lembaga dan BUMD/BUMN. Sementara untuk umum termasuk masjid-masjid atau majelis taklim dilakukan penilaian tersendiri.

Adapun rute yang dilewati peserta pawai akbar, yakni untuk pawai jalan kaki mulai dari depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman, kemudian Pak Kasih, Hasanuddin, Merdeka, Jenderal Urip, Jenderal Sudirman dan kembali ke Jalan Rahadi Usman.

Sementara untuk pawai mobil hias menempuh rute mulai dari Jalan Rahadi Usman, kemudian Jalan Pak Kasih, Hasanuddin, H Rais A Rahman, Husin Hamzah, Dr Wahidin, Dr Sutomo, Sutan Syahrir, Sultan Abdurrahman, Ahmad Yani, Abdurrahman Saleh (BLKI), Adisucipto, Imam Bonjol, Tanjungpura dan kembali ke Rahadi Usman.

Aswani mengimbau kepada peserta pawai untuk datang lebih awal sehingga memudahkan panitia dalam mengatur susunan atau barisan peserta. Selain itu, ia meminta kepada seluruh peserta selama melakukan konvoi supaya tetap tertib dalam berlalu lintas di jalan raya.

"Panitia menyediakan hadiah bagi para pemenang berupa piala, piagam dan uang pembinaan. Tak ketinggalan `doorprize` juga kita sediakan untuk seluruh peserta yang beruntung," katanya.

(A057/S024)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015