Pontianak (Antara Kalbar) - Carmudi, situs jual beli kendaraan menemukan data bahwa Honda maupun Yamaha bukanlah merek sepeda motor bekas yang paling dicari melalui website meski kedua merek tersebut adalah pemimpin pasar di Indonesia.
    Berdasarkan analisa yang dilakukan terhadap lebih dari setengah juta pencarian kendaraan secara online, ternyata merek yang paling dicari adalah Kawasaki. "46 persen masyarakat mencari merek Kawasaki, dan model yang populer adalah Ninja dan KLX," kata Puji Agung Budiman, Public Relations Manager Carmudi.
    Ia melanjutkan, fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan platform situs kendaraan online untuk mencari kendaraan jenis sport dan trail yang tergolong kebutuhan sekunder bahkan tersier dalam pembelian sepeda motor. Bila dibandingkan dengan pencarian konvensional ke diler (offline), masyarakat umumnya mencari dan membeli sepeda motor jenis bebek dan otomatis.
    "Carmudi menemukan fakta yang menarik dari kebiasaan masyarakat dalam melakukan pencarian sepeda motor secara online," ujar Gunnar Rentzsch, Co Founder Carmudi Indonesia.
    Menurut dia, platform jual beli kendaraan online memudahkan masyarakat mencari kendaraan impian secara cepat. Munculnya model sepeda motor sport dan trail sebagai sepeda motor paling populer yang dicari masyarakat di platform online menunjukkan segmentasi yang khas.
    Hal ini sejalan dengan hasil survei yang Carmudi lakukan beberapa bulan lalu, bahwa pencarian online didominasi masyarakat kelas menengah di rentang usia 18-35 tahun yang melek dunia digital (Generasi Y).
    Hasil analisa ini menguatkan segmentasi tersebut bahwa masyarakat yang menggunakan platform jual beli kendaraan adalah kelas menengah generasi Y yang melek dunia digital dan memiliki ketertarikan yang kuat untuk pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersier yang tercermin dari pencarian sepeda motor jenis sekunder, yaitu jenis sport dan trail untuk kebutuhan mereka. "Hal ini tidak mengejutkan mengingat pertumbuhan kelas menengah dan dunia digital di Indonesia beberapa tahun terakhir ini cukup menakjubkan," ujar Gunnar.
    Indonesia merupakan salah satu negara dengan penjualan sepeda motor terbanyak di dunia. Tahun 2014 lalu tercatat 6 juta motor terjual, dan hingga bulan September 2015 telah terjual lebih dari 4,8 juta motor di Indonesia. Honda masih memimpin pasar dengan penjualan lebih dari 3,2 juta dan diikuti Yamaha dengan lebih dari 1,3 juta unit.
    Dari total keseluruhan listing kendaraan di seluruh dunia, 27 persen diantaranya merupakan sepeda motor. Sepeda motor berkontribusi 50 persen dari keseluruhan listing di Indonesia, sedangkan di Filipina sebanyak 55 persen, dan Vietnam sebanyak 52 persen. Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor sangat populer di negara-negara Asia Tenggara.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015