Singkawang (Antara Kalbar) - Berbagai macam cara yang dilakukan Polres Singkawang, demi menjaga Kamtibmas di wilayah hukumnya, salah satunya dengan melakukan patroli Kentung di seluruh kota itu.

Setelah melakukan patroli jarak jauh (PJJ), kali ini Satuan Sabhara Polres Singkawang menggelar "patroli kentung" pada malam hari, kata Kasat Sabhara Polres Singkawang, AKP Eko Andi Sutejo, Selasa.

Dalam patroli itu, mereka (polisi,red) berkeliling di perkampungan, seperti di daerah Marhaban, Kecamatan Singkawang Selatan. Kemudian, memukul kentongan yang telah dipasang di pos ronda ataupun tempat lain di jam yang dianggap rawan.

"Kita keliling kampung menggunakan mobil patroli. Kemudian singgah di pos ronda atau tempat yang dianggap rawan lalu memukul kentongan sesuai dengan waktu kita di lokasi tersebut," katanya.

Menurutnya, pemukulan kentong itu adalah memberikan tanda, bahwa patroli sedang dilakukan. Guna mengantisipasi tindak kejahatan lainnya serta mencegah bahaya radikalisme serta paham-paham lain yang mungkin saja masuk ke daerah

pinggiran.

Dalam patroli itu juga, pihaknya bekerja sama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Jadi seluruh elemen yang ada bergabung dan membaur bersama masyarakat. Dalam rangka menjaga Kamtibmas," katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan patroli Kentung ini, bisa menggairahkan lagi semangat masyarakat akan kegiatan pos ronda.

Karena hal tersebut sebagai bentuk peran aktif warga menjaga Kamtibmas. "Ini juga menjadi salah satu bentuk kepolisian membangun kemitraan dengan masyarakat dan diharapkan dengan adanya peran mereka, segala bentuk aksi kejahatan bisa dicegah," katanya.

Kedepannya, lanjutnya, kegiatan Patroli Kentung akan terus dilaksanakan. "Setelah wilayah Marhaban, direncanakan berikutnya di daerah Setapuk dan dilanjutkan di daerah lain, terutama di pinggiran kota," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015