Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Andy Jap mengatakan saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Soedarso sedang dipersiapkan menjadi rumah sakit rujukan nasional.

"Untuk itu berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk peningkatan sarana dan fasilitas serta SDM yang ada di rumah sakit tersebut. Untuk peningkatan sarana dan peralatan kesehatan disana akan terus dilakukan sampai tahun 2019 mendatang," kata Andy di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan, rencana untuk menjadikan RSUD Soedarso sebagai RS rujukan nasional sudah direncanakan sejak lama, namun baru pada bulan Oktober 2014 lalu, RSUD ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebagai salah satu RS rujukan nasional, dari 14 RS rujukan nasional lainnya yang sudah ada.

"Terkait ketetapan Kementerian Kesehatan itu, mulai tahun 2015 ini, berbagai fasilitas kesehatan termasuk peralatan kesehatan yang ada terus ditingkatkan. Ditargetkan tahun 2019 mendatang, RS ini sudah benar-benar siap untuk menjadi RS rujukan Nasional tersebut," katanya.

Selain RSUD Soedarso, Kementerian Kesehatan juga sudah menetapkan empat rumah sakit lainnya yang ada di Kalbar untuk menjadi RS rujukan regional, diantaranya adalah RS Kabupaten Sanggau, Sintang, Ketapang dan Kota Singkawang.

Menurut Andy Jap, selain RSUD dr Soedarso, ada 13 rumah sakit lain yang juga ditetapkan sebagai rujukan nasional berdasarkan SK Menkes tentang Penetapan Rujukan Nasional.

"Sepuluh diantaranya merupakan rumah sakit milik pemerintah. Empat lainnya, rumah sakit milik pemerintah daerah, yakni RSUD Soedarso, di Samarinda, Jayapura dan RS dr Soetomo," kata dia.

Ia menambahkan, keputusan Menkes tersebut menunjukkan Kalbar termasuk provinsi yang mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Padahal untuk rumah sakit rujukan di Kalimantan, adanya di Kalimantan Timur.

Kalbar dan Kaltim, ia mengatakan, sama-sama memiliki daerah perbatasan dengan Malaysia. Namun Kalbar memiliki lima kabupaten yang berbatasan langsung melalui darat.

Sedangkan dukungan untuk menjadi Tipe A hingga lima tahun mendatang, RSUD Soedarso mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan. "Termasuk tenaga medis. Tapi Kementerian Kesehatan juga meminta agar pemerintah daerah mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuannya," kata Andy.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015