Putussibau (Antara Kalbar) - Penjabat Bupati Kapuas Hulu Marius Marcellus TJ SH MM mengatakan media mempunyai peran sangat penting dalam membantu diseminasi informasi ke masyarakat.
    "Media sangat penting dalam rangka memberi keseimbangan dan informasi yang benar kepada masyarakat. Itu harus dilaksanakan secara profesional. Ketika itu dilakukan profesional dan sungguh-sungguh, tentu menjadi sesuatu yang sangat besar," ungkap Marcellus di ruang kerjanya, Senin, menanggapi HUT ke-78 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.
    Marcellus mencontohkan, semua informasi bisa diketahui dari pemberitaan media. Ia menambahkan, seseorang pemimpin bila tidak hadir dalam suatu kegiatan juga dapat dengan mudah mengetahui situasi yang terjadi. "Ketidakhadiran seseorang pemimpin, apapun jabatannya ketika mereka membaca informasi baik media elektrtonik, online, koran dan sebagainya mereka bisa tahu situasi yang terjadi," katanya.
    Pj Bupati mengingatkan, sebagai insan pencerdas bangsa, media senantiasa proaktif melakukan evaluasi dalam setiap pemberitaan. "Menurut saya, yang utama dari peran media dalam mencerdaskan bangsa, bagaimana dalam pemberitaan perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi bukan hanya menyangkut medianya saja, tapi menyangkut semua komponen untuk perbaikan," katanya.
    Karena, lanjut Marcellus, dengan tidak bermaksud saling menyalahkan, seringkali terjadi perbedaan komunikasi antarpenulis dengan sumber yang diberitakan. "Kadang informasinya belum cukup, ini yang kadang membuat salah tulis dan lain-lain. Atau barangkali tidak dicek dalam segi data. Ketika input data benar, menulis pasti benar demikian sebaliknya," kata dia.
    Di sisi lain, sambung Marcellus, bagaimana sikap penulis menganalisa suatu masalah dengan hati dan pikiran yang jernih untuk perbaikan kedepan.
    Ia pun mengucapkan selamat kepada ANTARA yang merayakan HUT ke-78. Ia berharap, ANTARA dapat terus menjalankan fungsinya sebagai penyedia informasi ke masyarakat.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015