Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama Polres Pontianak, Polres Mempawah dan TNI mengelar apel siaga Pemilihan Kepala Desa untuk mempersiapkan pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa di kabupaten itu.

"Pilkades serentak di 41 desa dilaksanakan sembilan kecamatan se Kubu Raya akan digelar 19 Desember mendatang. Makanya, kita mulai mempersiapkan berbagai hal, termasuk apel siaga Pilkades pada hari ini," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Raya, Kamis.

Giat gelar pasukan tersebut dipimpin langsung Bupati Kubu Raya Rusman Ali dengan didampingi Kapolresta Pontianak Kombes Pol Bagus Ade Hidayat serta Kapolres Mempawah AKBP Jimantoro.

"Sabtu mendatang, akan digelar pemilihan kades di 41 desa, saya meminta dengan para pasangan calon, agar bisa menjaga kondusifitas daerahnya masing-masing tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Dengan adanya pemilihan kades serentak itu, Rusman Ali mengucapkan terima kasih dengan Kapolresta Pontianak dan Mempawah yang telah membantu mengamankan pilkades serentak di kabupaten itu.

"Kami juga menginginkan dari dukungan masyarakat, agama dan ulama, agar menjaga keamanan. Jika terjadi kerusuhan, akan merugikan kita sendiri," katanya.

Ditempat yang sama, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol, A. Hidayat mengatakan, pihaknya siap menjaga keamanan di masing-masing desa yang menggelar pilkades di wilayah hukum Polresta Pontianak, terutama tempat dan kegiatan di masing-masing TPS, serta upaya penegakan hukum.

"Kami juga berharap upaya penegakan hukum tidak kita lakukan, karena pelanggaran yang dilakukan oleh oknum atau peserta pilkades. Makanya kita menginginkan agar dalam pelaksanaannya, pilkades ini bisa berjalan dengan baik, dan semua dapat menerima hasilnya dengan baik, dan tidak menggunakan cara-cara yang melanggar hukum," kata Hidayat. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015