Singkawang (Antara Kalbar) - Sebanyak 123 kafilah dan 34 official Kota Singkawang mengikuti kegiatan MTQ VI tingkat kota Singkawang tahun 2015.

"MTQ ke VI tingkat Kota Singkawang ini diikuti sebanyak 123 kafilah dan 34 official, dengan rincian dari Singkawang Tengah 33 orang, Singkawang Barat 34 orang, Singkawang Selatan 31 orang, Singkawang Utara 29 orang dan Singkawang Timur 31 orang," kata Ketua Panitia, Idham Khalid di Singkawang, Kamis.

Dia mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut dimulai pada hari Rabu sampai Sabtu besok.

Mengenai tempat pelaksanaannya, lanjutnya, ada dua lokasi, yakni kompleks Masjid Agung dan Aula Kantor Dinas Pendidikan.

Idham mengatakan, tujuan utama dilaksanakannya MTQ tingkat kota ini, terwujudnya masyarakat Singkawang yang Qurani.

Kemudian sebagai ajang pencarian bibit-bibit kafilah yang akan dikirim pada MTQ di tingkat Provinsi yang akan berlangsung pada 2016 mendatang.

"Tujuan utamanya terwujudnya masyarakat yang mencintai Quran. Dan ajang ini, secara berjenjang telah dilaksanakan, yakni sebelumnya di tingkat kecamatan, sekarang tingkat kota, yang nantinya melalui ajang ini kafilah Kota Singkawang berprestasi di MTQ tingkat Provinsi dan selanjutnya bisa di tingkat nasional," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Awang Ishak yang membuka secara resmi kegiatan MTQ ke-VI itu mengatakan, melalui ajang itu, dia berharap masyarakat, terutama generasi muda lebih mencintai Al Quran.

"Saya berharap, para generasi muda bisa terus belajar Al Quran. Bukan saja pandai membaca, namun bagaimana juga memahami isi serta maknanya," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015