Pontianak (Antara Kalbar) - Kapolres Singkawang AKBP Agus Triatmaja memimpin apel peringatan HUT Satpam ke-35 di halaman Polres setempat.

Dalam amanatnya, dia mengajak agar peringatan HUT Satpam dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah ditampilkan.
 
Dia berharap peran Satpam sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal.

Terlebih, di tahun 2016 Indonesia akan menghadapi momentum yang sangat kompetitif yaitu pengintegrasian kawasan Asean atau lebih dikenal dengan nama Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Menurutnya, pemberlakuan MEA itu akan menjadi peluang sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia.
"MEA akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para investor, baik asing maupun dalam negeri untuk menanamkan modalnya pada berbagai bidang usaha dan industri di Indonesia, namun di sisi lain kita juga harus mewaspadai masuknya komoditi asing dengan harga dan kualitas kita yang belum familiar," katanya.

Masuknya tenaga kerja asing yang akan berdampak semakin sempitnya peluang bagi tenaga kerja lokal serta meningkatnya pengaruh budaya asing di lingkungan masyarakat, bisa saja mengakibatkan munculnya berbagai potensi ancaman dan gangguan Kamtibmas.

"Apabila tidak mampu diantisipasi dan dikelola dengan baik, akan berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat merusak stabilitas Kamtibmas," jelasnya.

Maka dari itu, beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban, Polri menyadari tidak dapat bekerja sendiri. Polri memerlukan dukungan dan peran serta dari semua potensi keamanan termasuk Satpam sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

"Dalam pelaksanaannya, Satpam dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan Kamtibmas.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015