Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VI Tingkat Kabupaten Melawi yang digelar di Ella Hilir dijadwalkan akan digelar pada 9-12 Februari mendatang. Jadwal ini mundur dari semula yang direncanakan panitia pada 26 Januari ini.
    "Memang awalnya akan digelar pada 26 Januari. Namun karena ada kendala di APBD kita maka diundur pada 9 Februari. Ini juga masih belum pasti karena dana masih belum jelas," ujar Ketua Umum MTQ Tingkat Kabupaten Melawi, Suhardiman.
    Dikatakannya, dari sisi fasilitas dan infrastruktur, semuanya sudah tak ada lagi masalah. Walau memang masih terdapat sejumlah fasilitas pendukung yang terus dikerjakan, ditargetkan sebelum 9 Februari seluruhnya sudah selesai.
    "Untuk tribun sudah selesai. Sedangkan untuk sarana penginapan kafilah, nanti disiapkan oleh panitia kecamatan," paparnya.
    Hanya, lanjut Suhardiman, yang jadi persoalan adalah belum bisa dicairkannya anggaran MTQ yang bersumber dari APBD 2016. Hal ini dikarenakan hingga kini penjabaran APBD Melawi belum juga tuntas.
    "Anggaran MTQ memang sudah masuk APBD 2015, tapi kan minim. Jadi mesti ditambah lagi dari APBD 2016. Jadi kita sekarang ini masih menunggu APBD 2016," katanya.
    Suhardiman mengatakan, pelaksanaan MTQ mesti sudah dilaksanakan sebelum pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kalbar pertengahan tahun ini. Apalagi juga harus ada persiapan untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi tersebut.
    Sementara itu, koordinator bidang acara, M Yamin mengungkapkan selain untuk penyelenggaraan, dana bantuan per kafilah juga hingga kini belum ada karena masih menunggu APBD 2016.
    "Kalau untuk penyelenggara sudah ada dananya. Yang belum bantuan untuk kafilah. Karena kasihan kecamatan bagaimanapun kalau bawa kafilah tentu perlu biaya," jelasnya.

Pewarta: Eko S

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016