Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Pinoh Utara membentuk Forum Kepala Desa (FKD) guna mempermudah menampung aspirasi masyarakat. Forum ini digagas Camat Pinoh Utara, Yusseno dan diketuai oleh Kepala Desa Natai Panjang, Tibai.
   
Tibai  mengatakan pada prinsipnya lembaga ini berkeinginan bagaimana desa ini sama-sama berkembang. Selain itu untuk mengakomodir kepentingan masyarakat, membantu kerja pemerintah kecamatan dalam membangun desa dan mensukseskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Melawi, Panji-Dadi Sunarya, untuk lima tahun kedepan.
   
Menurut Tibai, pembentukan FKD sangat prosedural dan demokratis dengan dukungan penuh Camat Pinoh Utara, Yusseno. Dia berharap dengan terbentuknya forum ini dapat membawa kebaikan bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat desa di Kecamatan Pinoh Utara.
   
"Tujuan kita membantu bagaimana masyarakat desa berkembang dengan terbentuknya FKD ini. Oleh karena itu kemajuan desa harus menjadi prioritas dalam pembangunan ke depan, sesuai dengan program Bupati dan Wakil Bupati Melawi, bahwa pembangunan dimulai dari desa," ujarnya.
   
Dia melanjutkan, bahwa FKD ini sangat diperlukan dalam informasi dan komunikasi menjadi penting untuk mengatasi berbagai  persoalan yang dihadapi di desa, antara lain perencanaan pembangunan dengan arah yang jelas.
  
"Jangan sampai perencanaan pembangunan tidak sesuai dengan kebutuhan mendasar di desa masing-masing," ucapnya.
   
Sementara itu, Camat Pinoh Utara, Yusseno, sangat mendukung dibentuknya FKD. Yusseno mengatakan, dengan dibentuknya FKD akan mempermudah kinerja camat dengan desa, karena bisa mempersatukan persepsi terkait program pembangunan di 19 desa lingkungan Kecamatan Pinoh Utara.  
   
"Selama ini desa seolah-olah dekat dimata jauh dihati, sekarang dekat dimata dekat dihati. Saya berharap FKD mulai menjalankan tugas. Tugas dan fungsi organisasi saya yakini mampu membawa perubahan bagi kepala desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.
   
Menurut Yusseno, FKD dibentuk bertujuan salah satunya agar rencana program masing-masing kepala desa lebih tertata dan berjalan sesuai harapan. Pinoh Utara tidak akan maju tanpa didukung oleh kepala desa dan masyarakat, karena desa merupakan ujung tombak pemerintah.

Pewarta: Susila

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016