Pontianak (Antara Kalbar) - Polda Kalimantan Barat mulai mempersiapkan Operasi Mantap Praja jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017.
"Dari Polda pasti kita akan menggelar Operasi Mantap Praja seperti Pilkada serentak tahun 2014 kemarin," kata Kapolda Kalimantan Barat, Brigjen Polisi Arief Sulistyanto.
Arief menilai, jika masyarakat di Kalbar sudah punya pengalaman. Dan mudah-mudahan seluruh masyarakat sudah semakin dewasa, jangan saling menjelekkan antara calon yang satu dengan yang lainnya.
Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kalbar dan calon-calon yang akan mencalonkan diri pada Pilkada di Kalbar, mari kita tunjukkan etika politik yang dewasa.
"Dan kepada unsur-unsur politik, mari kita tunjukkan, bahwa saudara-saudara yang akan mencalonkan adalah pemimpin-pemimpin yang bermartabat dan pemimpin-pemimpin yang mampu untuk menjadi teladan di masyarakat," pesannya.
Jangan sebaliknya, saling memfitnah dan saling menghina. Tentunya hal itu nanti, akan merugikan calon itu sendiri. "Karena, disitulah masyarakat akan menilai bagaimana karakternya si calon pemimpin itu," ujarnya.
Dan kepada masyarakat, dia mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.
Menurutnya, Kalbar mempunyai potensi konflik yang cukup besar. "Tapi alhamdulillah, perkembangan dari hari ke hari masyarakat kita sudah semakin dewasa dan sudah memahami apa dampak dari konflik yang terjadi," ungkapnya.
Disamping itu, Arief juga mengharapkan kepada insan pers untuk bisa mendorong dan memberikan informasi-informasi yang positif kepada masyarakat.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016